Penulis Utama : Fahreza
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Mispricing pada abnormal accruals: pendekatan perhitungan normal accruals dengan model healy
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0399035
Subyek : ABNORMAL ACCRUALS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini apakah pasar menilai abnormal accruals (sering juga disebut discretionary accruals pada penelitian terdahulu) secara tepat. Sehubungan dengan masalah tersebut diajukan hipotesis sebagai berikut: (1) tidak terjadi mispricing (ketidaktepatan penilaian) oleh pasar pada abnormal accruals dengan pendekatan arus kas, dan (2) tidak terjadi mispricing oleh pasar pada nilai abnormal accruals dengan pendekatan neraca.

Dengan menggunakan data abnormal accruals pada tahun 2001 dengan pendekatan arus kas dan neraca, dan data abnormal returns pada tahun 2002.   Sampel yang diambil sebanyak 40 perusahaan yang dipilih dari Indonesian Capital Market Directory. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Jakarta.

Hasil yang diperoleh dari pengujian hedge-portfolio mengungkapkan baik dengan pendekatan arus kas dan neraca, dan komponen abnormal returns pada tahun 2002, menunjukkan bahwa terjadi mispricing atas abnormal accruals, baik dengan pendekatan arus kas maupun pendekatan neraca. Hasil regresi menunjukkan nilai t-statistics yang signifikan pada level 5% untuk pendekatan arus kas dan 10% untuk pendekatan neraca. Hasil akhir menunjukkan terjadinya underpricing (penilaian terlalu rendah) atas nilai abnormal accruals pada perusahaan manufaktur di Indonesia.

Penelitian ini sesuai dengan penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Xie (2001), yang menguji apakah terjadi mispricing pada abnormal accruals. Xie menggunakan pendekatan perhitungan normal accruals dengan model Jones dan Modified Jones. Hasil akhir yang diperoleh adalah terjadinya mispricing pada abnormal accruals, meskipun mispricing yang terjadi pada penelitian saat ini adalah pasar menilai terlalu tinggi abnormal accruals (overpricing). Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini adalah terjadi kesalahan penilaian oleh pasar terhadap abnormal accruals yang kemudian berimplikasi terhadap kesalahan pengambilan keputusan. Berdasarkan kesimpulan tersebut saran yang diajukan adalah perlunya peningkatan atas laporan keuangan yang di publikasi, dimana perlu menggambarkan secara jelas informasi tentang accruals dan kelanjutannya di masa depan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis