Penulis Utama : Hasnin Qonita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis optimalisasi penentuan periode pemeliharaan preventif mesin dalam rangka peningkatan efisiensi pemeliharaan pada PT Welltekindo Nusantara Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200055
Subyek : PEMELIHARAAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pemeliharaan merupakan salah satu fungsi yang penting untuk menjaga stabilitas dan kontinuitas proses produksi. Kebijakan pemeliharaan dilakukan dengan tujuan untuk memelihara kemampuan sistem serta meningkatkan efisiensi biaya. Pemeliharaan yang baik akan menjamin fasilitas-fasilitas produksi akan dapat berproduksi secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja kebijakan pemeliharaan yang diterapkan perusahaan ditinjau dari tingkat biaya yang dikeluarkan serta mengetahui periode pemeliharaan preventif yang optimal pada perusahaan.

Penelitian ini bersifat studi kasus untuk mengevaluasi efisiensi kebijakan pemeliharaan mesin yang telah dijalankan PT Welltekindo Nusantara. Hipotesis yang dirumuskan dari penelitian ini adalah kebijakan periode pemeliharaan preventif mesin yang diterapkan PT Welltekindo Nusantara Jakarta belum optimal

Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang membahas data historis kebijakan pemeliharaan yang diterapkan oleh PT Welltekindo Nusantara Jakarta, serta melakukan analisis optimalisasi untuk menentukan periode pemeliharaan preventif yang optimal dengan biaya minimum. Analisis ini memerlukan data biaya pemeliharaan preventif, biaya pemeliharaan korektif, serta jumlah kerusakan mesin yang terjadi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya pemeliharaan rata-rata perbulan yang dikeluarkan oleh PT Welltekindo Nusantara sebesar Rp 2.776.145,556 yang berarti bahwa biaya pemeliharaan dari periode waktu pemeliharaan yang dilaksanakan selama ini belum optimal. Perusahaan perlu mengoptimalkan periode pemeliharaan rata-rata untuk tiap mesin dalam jangka waktu empat bulan sekali dengan rata-rata biaya sebesar Rp 2.738.546,417 untuk meningkatkan efisiensi kebijakan pemeliharaan. Oleh karena itu perusahaan perlu melakukan evaluasi terhadap kebijakan pemeliharaannya serta memperhatikan umur ekonomis dan umur teknis mesinnya dalam rangka meningkatkan efisiensi biaya yang pada akhirnya akan meningkatan keuntungan bagi perusahaan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis