Penulis Utama : Arif Nasrullah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Refleksi cinta dan religiusitas dalam novel rindu kami pada-mu karya Garin Nugroho dan islah gusmian : sebuah pendekatan semiotik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0299007
Subyek : EKONOMI, SOSIAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah refleksi cinta dan religiusitas kehidupan orang-orang pasar mampu digambarkan oleh Garin Nugroho dan Islah Gusmian dalam novel RKPM?, (2) bagaimanakah hubungan antara unsur-unsur yang membangun struktur novel RKPM dan simbol-simbol yang ada?, serta (3) bagaimana tanda-tanda dalam novel RKPM dapat diungkapkan dengan pendekatan semiotika model C.S Peirce?

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan refleksi cinta dan religiusitas yang digambarkan oleh Garin Nugroho dan Islah Gusmian dalam novel RKPM, (2) mendeskripsikan hubungan antara unsur-unsur yang membangun struktur novel RKPM dengan simbol-simbol yang ada, serta (3) memaparkan makna yang terkandung dalam novel RKPM yang dapat diungkapkan dengan pendekatan semiotika.

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data model interaktif. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari analisis data dapat ditarik beberapa kesimpulan, yaitu (1) sebagai refleksi kehidupan, novel Rindu Kami Pada-Mu banyak mengungkapkankan tentang kehidupan manusia beserta masalah-masalah yang dihadapinya. Kehidupan manusia tersebut berhasil digambarkan dengan jelas melalui hubungan antara tanda dan acuan yang terdapat di dalam teks, yang berupa ikon, indeks dan simbol, (2) ditinjau dari hubungan antara unsur-unsur pembangun novel dengan simbol-simbol yang ada dalam novel Rindu Kami Pada-Mu, terdapat keterkaitan yang sangat erat, (3) novel Rindu Kami Pada-Mu mengandung makna pengabaian dan penyingkiran terhadap keberadaan manusia pinggiran dalam suatu ekosistem kehidupan masyarakat. Pengabaian dan penyingkiran tersebut menyebabkan terputusnya hubungan cinta kasih keluarga dan jauhnya mereka dari nilai-nilai religiusitas.

Penelitian ini merupakan penelitian awal yang baru membahas tentang hubungan antara tanda dan acuan yang terdapat di dalam teks. Peneliti berharap ada penelitian lain yang dapat melanjutkan penelitian terhadap novel Rindu Kami Pada-Mu sehingga memungkinkan terkupasnya aspek-aspek lain yang belum diteliti.
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sholeh Dasuki, M.S
2. Dr. Bani Sudardi, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa