Penulis Utama : Anton Agustinus C.S.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Analisis holding period dalam keputusan investasi saham
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0202026
Subyek : SAHAM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah penemuan periode waktu untuk mendapatkan return yang melebihi return pasar pada saham-saham IPO berdasarkan penelitian Boyer (2004). Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja jangka panjang dari saham-saham IPO yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kinerja yang baik di setiap tahun yang dimulai dengan tahun ke lima sesudah penerbitan (IPO), yang diukur dengan abnormal return. Kriteria yang digunakan untuk menentukan kinerja adalah jika abnormal return lebih besar dari nol akan menunjukkan kinerja yang outperformed. Sedangkan jika abnormal return lebih kecil dari nol menunjukkan kinerja yang underperformed. Selanjutnya juga diteliti apakah terdapat perbedaan nyata antar kelompok sampel berdasarkan lamanya periode pegang (holding period), ukuran (size), dan jenis industri (industry).

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan penawaran saham ke publik (IPO) di Bursa Efek Jakarta. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling berdasar kriteria bahwa perusahaan melakukan IPO selama periode tahun 1992-1994. Jadi ukuran sampel yang berakhir pada tahun 1994 mempunyai lima tahun horison waktu untuk saham yang diperdagangkan di bursa dan lima tahun horison waktu untuk penelitian.

Pengujian terhadap hipotesis pertama memperoleh kesimpulan bahwa dalam masing-masing tahun pegang kinerja saham jangka panjang adalah outperformed dan signifikan pada level 5% , dimana semakin lama periode waktu memegang suatu portfolio saham akan didapatkan mean abnormal return yang semakin tinggi. Sedangkan pengujian terhadap hipotesis kedua diperoleh kesimpulan bahwa kedua variabel penelitian, yaitu HP dan ukuran secara bersama-sama menunjukkan perbedaan yang nyata terhadap kinerja saham yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas F (0,002) yang lebih kecil 0,05. Tetapi untuk variabel industri tidak berbeda secara nyata yang dapat dilihat dari nilai probabilitas F (0,340) yang lebih besar dari 0,05. Secara parsial, variabel HP (0,000) lebih kecil dari 0,05 yang mana menunjukkan perbedaan yang nyata terhadap kinerja saham. Untuk variabel ukuran (0,000) lebih kecil dari 0,05 dengan mean abnormal return 0,69769 untuk kelompok besar jauh di bawah kelompok kecil 1,69086. Hal ini menunjukkan perbedaan yang signifikan pada dua kelompok ukuran, dalam artian kelompok kecil mempunyai abnormal return rata-rata yang lebih dari kelompok besar.

Berdasarkan pada analisis Bonferroni dan Turkey dalam post hoc test dan homogeneous subset didapatkan bahwa grup HP_1 dan HP_2 berbeda signifikan dengan grup HP_3 dan HP_4.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Mahastuti Agung, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis