Penulis Utama : Heru Tri Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Respon sosial tokoh-tokoh terhadap kesenjangan sosial dalam naskah drama STUP (SSP) Karya Bambang Widoyo SP. (suatu tinjauan sosiologi sastra
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0199025
Subyek : DRAMA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian yang berjudul Respon Sosial Tokoh-tokoh Terhadap Kesenjangan Sosial dalam Naskah Drama STUP (SSP) karya Bambang Widoyo SP. (Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra) ini terdiri dari tiga masalah pokok penelitian. Pertama keterjalinan unsur-unsur pembentuk karya sastra yang membangun makna totalitas, kedua kesenjangan sosial dalam naskah drama STUP (SSP), dan ketiga respon sosial tokoh-tokoh terhadap kesenjangan sosial tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keterjalinan unsur-unsur pembentuk karya sastra yang membangun makna totalitas, kesenjangan sosial, dan respon sosial tokoh-tokoh terhadap kesenjangan sosial dalam naskah drama STUP (SSP) karya Bambang Widoyo SP.

Penelitian ini menggunakan metode strukturalisme dan deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang mengacu pada analisa Miles dan Huberman. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah drama STUP (SSP) karya Bambang Widoyo SP yang tersimpan di Perpustakaan Taman Budaya Jawa Tengah Di Surakarta serta referensi atau data-data kepustakaan yang terkait dan dianggap menunjang dalam pelaksanaan penelitian. Data-data tersebut antara lain artikel, koran, buku, isei dan data-data lain dalam bentuk tulisan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis antar kasus (cross-site analysis), yang berarti pada tiap kasusnya proses analisisnya dilakukan dengan menggunakan model analisis interaktif dengan tiga komponen analisisnya, yaitu; reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Analisis penelitian ini dibagi menjadi tiga bagian utama. Bagian pertama yaitu mengenai keterjalinan unsur-unsur pembentuk karya sastra yang terdiri dari tema dan amanat, penokohan, alur (plot), latar (setting), tikaian atau konflik, dan cakapan serta sudut pandang penceritaan yang membentuk makna totalitas. Bagian kedua kesenjangan sosial yang terdapat dalam naskah drama STUP (SSP), dan bagian ketiga respon sosial tokoh-tokoh terhadap kesenjangan sosial tersebut.

Diperoleh simpulan bahwa terdapat keterjalinan unsur-unsur pembentuk karya sastra naskah drama STUP (SSP) karya Bambang Widoyo SP yang meliputi tema dan amanat, penokohan, alur (plot), latar (setting), tikaian atau konflik, dan cakapan serta sudut pandang penceritaan sehingga membentuk makna totalitas. Kebijakan-kebijakan pemerintah turut menciptakan kesenjangan sosial dalam masyarakat. Kesenjangan sosial yang terbentuk berpengaruh terhadap masyarakat yang tingkat ekonominya lemah sehingga melahirkan problem-problem sosial yang kemudian kondisi tersebut menjadi stimulus/perangsang dalam melakukan tindakan. Respon antara tokoh satu dengan tokoh yang lain tidaklah sama, hal tersebut dipengaruhi oleh tingkat kesadaran sosialnya atau tingkat pendidikan. Dalam hal ini yang sangat berperan adalah akal (penalaran).
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Endang Siti Saparinah, M. S
2. Sahid Teguh Widodo, S.S., M. Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa