Penulis Utama : Fahrudin Andri Setiyawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Studi tentang penerapan desain pada produk di sentra industri kerajinan dandang semanggi, Pasar Kliwon, Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP NIM.K3201023
Subyek : DESAIN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan desain pada sentra industri kerajinan dandang di Semanggi, Pasar Kliwon, Surakarta. (2) Peralatan dan bahan yang digunakan pada proses pembuatan produk di sentra industri kerajinan dandang di Semanggi, Pasar Kliwon, Surakarta. (3) Apakah ciri khusus produk yang dihasilkan pada sentra industri kerajinan dandang di Semanggi, Pasar Kliwon, Surakarta.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakn bentuk diskriptif kualitatif danstudu kasusnya tunggal terpancang. Informan yang dipilih dalam penelitian ini terdiri dari pimpinan industri kerajinan dandang terbesar di sentra industri ini yaitu bapak Hartoyo serta para perajin yang terlibat langsung dalam proses produksi yang tahu tentang perkembangan sentra industri kerajinan dandang di Semanggi, Pasar Kliwon, Surakarta. Karena penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif, maka teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan observasi, dilengkapi dengan pencatatan dokumen guna menjamin kualitas data yang diperoleh.

Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Produk yang dihasilkan adalah sebagai alat bantu memasak serta desain yang dihasilkan sederhana tapi berdayaguna, ide dan materiil sebagai acuan dalam desain produk yang dihasilkan dan lama untuk mengalami perubahan. (2) Peralatan yang digunakan adalah: penggaris, jangka, cerekan, gunting plat, jangka besi, palu besi, palu kayu, rel (landasan besi), landasan kayu, kayu batangan, pipia besi berbagai ukuran (blumbungan), plong, rol, jeglogan, tang, baut dan endro. Bahan yang digunakan: plat almunium, plat stainless steel dan kawat serta keling sebagai pendukung. Teknik dan proses dalam pembuatan produk di sentra industri ini adalah: dimulai dengan persiapan, yaitu membuat gambar rancangan dengan menggunakan mal. Kedua memotong plat dengan gunting sesuai dengan mal yang dibuat. Ketiga membuat bentuk plat sesuai dengan bagian-perbagiannya. Keempat penambahan bahan penunjang berupa kawat sebagai penguat. Kelima merangkai bagian satu dengan yang lain sesuai desain yang dibuat. (3) Ciri khusus pada produk yang dibuat adalah pada kembangan yang terdapat pada angsang dan pegangan tutup dan pegangan untuk membuka tutup dan mengangkat dandang, desain sederhana dan proses pembuatannya menggunakan alat sederhana. Adapun produk-produk yang dihasilkan yaitu: dandang nasi, jimbeng air, jimbeng bakso, jimbeng mie ayam, oven, pispot dan lain sebagainnya.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Mulyanto, M.Pd
2. Drs. H. Edy Tri Sulistyo, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP