Penulis Utama : Suryadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Kajian yuridis pelaksanaan perjanjian kredit pemilikan rumah dengan jaminan hak tanggungan di PT. Bank tabungan negara (persero) cabang surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM.E0001232
Subyek : KREDIT BANK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penulisan hukum (skripsi) ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan perjanjian Kredit Pemilikan Rumah dengan jaminan Hak Tanggungan termasuk di dalamnya hak dan kewajiban masing-masing pihak dan tata cara penyelesaian yang dilakukan oleh pihak bank apabila terjadi wanprestasi yang dilakukan oleh debitur.

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan menurut tujuannya termasuk jenis penelitian empiris. Lokasi penelitian di PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Surakarta. Jenis data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara dan penelitian kepustakaan baik berupa buku-buku, peraturan perundang-undangan, dokumen-dokumen, dan sebagainya. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan model interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa pelaksanaan perjanjian Kredit Pemilikan Rumah didahului dengan adanya permohonan pengajuan kredit yang dilakukan oleh debitur kepada pihak kreditur dengan cara mengisi aplikasi/form yang telah disediakan oleh pihak kreditur. Setelah aplikasi tersebut diisi dengan benar oleh debitur maka selanjutnya akan dianalisis oleh pihak kreditur mengenai kelayakan kredit yang diajukan. Kemudian akan dilanjutkan ke tahap pemutusan kredit dimana kredit yang diajukan akan diputuskan untuk disetujui, ditunda atau ditolak. Apabila kredit disetujui maka akan diproses tahap selanjutnya yaitu tahap penandatanganan dan realisasi kredit. Dalam tahap ini debitur pemohon kredit diharuskan menandatangani dokumen-dokumen yang telah ditentukan oleh pihak bank, dan setelah dokumen-dokumen tesebut ditandatangani maka debitur sudah bisa memanfaatkan fasilitas kredit tersebut. Dalam perjanjian antara pihak kreditur dan debitur tersebut akan menimbulkan hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh masing-masing pihak, dimana hak dan kewajiban akan masih ada selama perjanjian kredit tersebut masih ada. Dalam pelaksanaan perjanjian kredit tersebut tidak selamanya akan berjalan dengan lancar, adakalanya debitur ada yang melakukan wanprestasi. Menghadapi debitur yang wanprestasi, pihak kreditur telah memiliki pedoman  tentang tata cara penyelesaian wanprestasi, yang berupa Keputusan Menteri Keuangan maupun kebijakan intern perusahaan. Sebelum melakukan penyelesaian wanprestasi sesuai dengan pedoman, kreditur selalu mengutamakan penyelesaian masalah wanprestasi tersebut dengan jalan musyawarah secara kekeluargaan.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. HERNAWAN HADI, S.H., M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum