Penulis Utama : Andry Khristian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Proses kreatif Riri Riza dalam penulisan skenario film Eliana, Eliana
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0297044
Subyek : FILM, SKENARIO
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu : (1). Bagaimana proses kreatif Riri Riza dalam penulisan skenario film “Eliana, Eliana” ditinjau secara umum, yaitu mulai dari munculnya ide, masa pengendapan, penulisan sampai proses penyempurnaan ? (2). Bagaimana proses kreatif Riri Riza dalam penulisan skenario film “Eliana, Eliana” ditinjau secara umum, yaitu bagaimana proses pencarian tema, amanat, penokohan, setting, dan alur ?

Tujuan penelitian ini adalah : (1). Mendeskripsikan proses kreatif Riri Riza dalam penulisan skenario film “Eliana, Eliana” ditinjau secara umum, yaitu mulai dari munculnya ide, masa pengendapan, penulisan sampai proses penyempurnaan ? (2). Mendeskripsikan proses kreatif Riri Riza dalam penulisan skenario film Eliana,Eliana ditinjau secara khusus, yaitu bagaimana proses pencarian tema, amanat, penokohan, setting, dan alur ?

Dari analisis ini dapat disimpulkan beberapa hal : (1). Ide cerita “Eliana, Eliana” tumbuh karena ketertarikan Riri Riza tentang sosok wanita Minang yang dikenalnya, yaitu istrinya. Proses penulisan “Eliana,Eliana” dari bulan Juni 2000 sampai bulan Agustus 2001. Riri Riza dibantu Prima Rusdi dalam menulis skenario “Eliana, Eliana”. Pada tahap penyempurnaan, dilakukan penajaman karakter, perubahan judul, dan pemotongan adegan. (2). Dalam menulis skenario film “Eliana, Eliana”, Riri Riza banyak dipengaruhi oleh pengalaman kerjanya dan orang-orang yang berada disekelilingnya. Dalam cerita “Eliana, Eliana” Riri Riza ingin menghadirkan persoalan perempuan, oleh karena, perempuan di negeri ini memang masih dirundung persoalan. Alur cerita “Eliana, Eliana” hanya berkisar pada pertemuan, pembicaraan, pertengkaran untuk mempertahankan harga diri yang terjadi saat Eliana dan Bunda bertemu. Film karya Riri Riza tidak sedang menjual mimpi, tidak ada jagoan, juga tidak ada tokoh utamanya menderita kemudian menjadi pengusaha sukses pada ending. Sebaliknya, dalam durasi putar hampir dua jam, film itu menyuguhkan segala yang kelam dan kusam, perkampungan kumuh, gang sempit, air comberan,kamar kontrakan yang mirip kapal pecah, suasana toko-toko setelah tutup, atau gudang tua dengan dinding yang penuh dengan grafiti.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Murtini, M. S.
2. Prof. Dr. H. Soediro Satoto
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa