Penulis Utama : Indraswari Pikatan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Cerita rakyat sendang siwani di desa singodutan, kecamatan selogiri, kabupaten wonogiri (sebuah tinjauan sosiologi sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0102030
Subyek : CERITA PENDEK-PENELITIAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang yang mendasari dilakukannya penelitian ini, adalah (1) Cerita Rakyat Sendang Siwani sangat menarik karena sebagai latar belakang kemenangan Pangeran Sambernyawa dalam melawan penjajah Belanda, (2) Mengandung nilai moral yang berguna bagi masyarakat (3) Cerita Rakyat Sendang Siwani belum pernah diteliti aspek sastranya, (4) Cerita Rakyat Sendang Siwani perlu di dokumentasikan

Permasalahan dari penelitian ini, adalah (1) Bagaimanakah bentuk, isi dan profil masyarakat pendukung Cerita Rakyat Sendang Siwani. (2) Bagaimanakah tanggapan penghayatan masyarakat pendukung Cerita Rakyat Sendang Siwani. (3) Bagaimanakah unsur-unsur, fungsi mitos serta dampak sosial ekonomi cerita tersebut pada masyarakat pendukungnya.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan bentuk, isi dan profil masyarakat pendukung cerita rakyat Sendang Siwani di Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, (2) Mendiskripsikan tanggapan penghayatan masyarakat pendukung cerita rakyat Sendang Siwani di Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, (3) Mendiskripsikan unsur-unsur, fungsi mitos serta dampak sosial ekonomi cerita tersebut pada masyarakat pendukungnya. Penelitian ini bertumpu pada landasan teori folklore dan pendekatan yang dipakai ialah sosiologi sastra. Metode penelitian yang digunakan ialah meliputi, bentuk penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Sumber data terdiri dari dokumen, buku kepustakaan. Dan Teknik pengumpulan data wawancara, studi dokumen, observasi langsung, dan content analisis atau analisis isi.


1. Mahasiswa, Jurusan Sastra Daerah dengan Nim. C0102030

2. Dosen Pembimbing I

3. Dosen Pembimbing II

Teknik sampling yang digunakan bertujuan purpose sampling. Dalam populasi tersebut adalah masyarakat pembaca sastra sebagai objek penelitian yaitu masyarakat pendukung Cerita Rakyat Sendang Siwani.

Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Validitas data dengan trianggulasi sumber data dan trianggulasi metode.

Hasil penelitian ini adalah, (1) Profil masyarakat Desa Singodutan sebagai pendukung Cerita Rakyat Sendang Siwani ditinjau dari segi kondisi geografis, demografis, sosial budaya, agama, dan kepercayaan, serta bentuk, isi, (2) Tanggapan dan penghayatan masyarakat pendukung Cerita Rakyat Sendang Siwani yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu masyarakat setempat dan masyarakat pengunjung, (3) Unsur mitos yang terkandung dalam cerita rakyat Sendang Siwani adalah: (a) Pangeran Sambernyawa adalah lambang kaprawiran (Satria) dan pendiri Kerajaan Mangkunegaran, (b). Pangeran Sambernyawa adalah tokoh yang melegenda dengan kesaktiannya menjadi pemimpin dan pelindung wilayah Selogiri khususnya desa Singodutan, (c) Sendang Siwani adalah tempat keramat dan suci, (d) Penduduk masih melakukan tradisi ritual sebagai wujud hubungan dengan Pangeran Sambernyawa. Fungsi mitos cerita rakyat Sendang Siwani sebagai berikut: (a) sebagai sistem proyeksi, alat pencerminan angan-angan kolektif, (b) sebagai alat pengesahan pran-ata-pranata, (c) sebagai alat pendidikan, (4) Dampak sosial ekonomi dalam penelitian ini adalah (a) Sebagai sarana hiburan (b) Sebagai sarana menambah pendapatan masyarakat (c) Meningkatkan etos kerja.

Kesimpulan dalam penelitian Cerita Rakyat Sendang Siwani adalah salah satu cerita yang berbentuk cerita prosa rakyat yang berbentuk cerita legenda dan mempunyai nilai sejarah karena Pangeran Sambernyawa merupakan pejuang kemerdekaan dan pendiri kerajaan Mangkunegaran. Mengandung unsur-unsur mitos bahwa Pangeran Sambernyawa merupakan pelindung dan Sendang Siwani sebagai kunci kemenangan dalam melawan penjajah Belanda. Penghayatan masyarakat pendukung masih sangat kuat dan mengakui Pangeran Sambernyawa sebagai pembawa berkah melalui Sendang Siwani. Sebagai rasa hormat, masyarakat mewujudkannya dalam ritual ruwatan dan wayangan yang dilakukan oleh masyarakat pendukungnya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Sundari, M.Hum
2. Drs. Christiana Dwi Wardhana
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa