Penulis Utama : Joko Suyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Hikayat “asal kejadian negeri banjarmasin”: suntingan teks, analisis struktur, dan fungsi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0298038
Subyek : HIKAYAT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana suntingan teks HAKNB? (2) Bagaimana struktur teks HAKNB? (3) Bagaimana fungsi HAKNB?

Tujuan penelitian ini adalah (1) menyajikan suntingan teks HAKNB yang baik dan benar, (2) mendeskripsikan sturktur teks HAKNB, (3) mengungkap fungsi yang terkandung dalam teks HAKNB.

Sumber data penelitian ini berupa naskah HAKNB yang bernomor Ml. 44 yang diperoleh dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Metode yang digunakan dalam penyuntingan teks adalah metode standar, yaitu menerbitkan teks dengan membetulkan kesalahan-kesalahan kecil dan ketidakajegan. Teks HAKNB disunting dengan mengadakan perbaikan atau pembetulan dari kesalahan-kesalahan yang kemudian dicatat dalam aparat kritik.

Dalam penyuntingan teks ditemukan kesalahan-kesalahan yang meliputi 14 kasus lakuna, 12 kasus adisi, 14 kasus ditografi, 8 kasus subtitusi, 1 kasus transposisi dan 3 kasus bacaan yang tidak terbaca.

Analisis struktur HAKNB menggunakan kajian struktur prosa yang meliputi tema, penokohan, latar dan alur. Tema yang dikemukakan dalam HAKNB adalah ”asal mula berdirinya negeri Banjarmasin,” yang juga digunakan sebagai judul teks. Penokohan ditonjolkan secara dramatik, terdapat tokoh utama dan tokoh bawahan. Dalam hal latar, dipaparkan latar yang meliputi aspek tempat, aspek waktu dan aspek suasana. Alur dalam cerita HAKNB merupakan alur maju (progresif), peristiwanya terjadi secara kronologis, berjalan beruntun dari awal, tengah sampai akhir.

Berdasarkan analisis fungsi, dapat disimpulkan bahwa HAKNB mengandung nilai-nilai atau ajaran yang bermanfaat, yaitu ajaran untuk mentaati perintah orang tua, ajaran untuk tidak melanggar apa yang dilarang oleh orang tua dan ajaran untuk selalu mengedepankan musyawarah dan jalan perdamaian untuk menyelesaikan suatu masalah. HAKNB juga berfungsi sebagai alat hiburan, yaitu menghibur anak-anak maupun orang dewasa dengan cerita-cerita khayalan yang ada di dalamnya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Sholeh Dasuki, M.S
2. Drs. Ahmad Taufiq, M.Ag
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa