Penulis Utama : Dody Kurnia Nugroho Jati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis pengaruh biaya distribusi terhadap nilai penjualan pada PT. Tempo cabang Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1202022-2004
Subyek : PEMASARAN, MANAJEMEN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah; pertama, mengetahui seberapa besar pengaruh biaya distribusi (biaya transportasi, biaya penggudangan, dan biaya administrasi penjualan) terhadap nilai penjualan perusahaan tersebut. Kedua, untuk menentukan jenis biaya distribusi mana yang paling dominan hubungannya dengan nilai penjualan perusahaan tersebut. Sehubungan dengan masalah tersebut diajukan hipotesis sebagai berikut : (1)Terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara biaya distribusi dengan nilai penjualan. (2) Terdapat dugaan bahwa dari ketiga biaya yang dipilih, yaitu biaya transportasi, biaya penggudangan, dan biaya administrasi penjualan. Biaya transportasi adalah yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai penjualan.

Sejalan dengan masalah tersebut dan hipotesis penelitian maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode regresi berganda yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh biaya distribusi (biaya transportasi, biaya penggudangan, dan biaya admnistrasi penjualan) terhadap nilai penjualan dan model korelasi parsial yang digunakan untuk menentukan jenis biaya pemasaran yang paling dominan hubungannya dengan nilai penjualan perusahaan tersebut.

Hasil analisis menunjukkan bahwa, hasil yang dapat diperoleh dari analisis regresi berganda yaitu : Pertama, diperoleh persamaan regresi yang mempunyai konstanta negatif atau dianggap tidak berarti dan koefisien regresi parsial yang semuanya positif yang berarti bahwa setiap penambahan biaya dari masing-masing biaya distribusi (biaya transportasi, biaya penggudangan, dan biaya administrasi penjualan) mempunyai pengaruh terhadap kenaikan nilai penjualan. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya transportasi, biaya penggudangan, dan biaya admnistrasi penjualan secara keseluruhan terhadap nilai penjualannya. Hal ini ditunjukkan dari uji F, dimana tingkat signifikasi dari nilai F (0,000) lebih kecil dari 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya transportasi, biaya penggudangan, dan biaya administrasi penjualan secara parsial/individu terhadap nilai penjualannya. Hal ini ditunjukkan dari uji t, dimana tingkat signifikasi dari masing-masing koefisien signifikasi adalah (X1 = 0,003), (X2 = 0,034), dan (X3 = 0,014) lebih kecil dari 0,05. Keempat, terdapat pengaruh yang kuat antara biaya transportasi, biaya penggudangan, dan biaya admnistrasi penjualan terhadap nilai penjualannya. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien determiniasi sebesar 91,20% karena hasilnya lebih besar dari 50%. Sedangkan hasil analisis yang diperoleh dari analisis korelasi parsial yaitu bahwa biaya transportasi merupakan jenis biaya distribusi yang paling dominan hubungannya dengan nilai penjualan. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi parsial antara biaya transportasi dengan nilai penjualan sebesar 53,60%.

Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan ;

a. bahwa Diperoleh persamaan sebagai berikut :

Y = - 487.170.545 + 93.5559X1 + 131.5295X2 + 447.1172X3

Persamaan regresi tersebut mempunyai konstanta sebesar - 487.170.545 atau dianggap tidak berarti, dan dari setiap koefisien regresi bernilai positif yang berarti bahwa setiap penambahan biaya dari masing-masing biaya distribusi mempunyai pengaruh terhadap kenaikan nilai penjualan.

b. Terdapat pengaruh yang signifikan dari ketiga jenis biaya distribusi (biaya transportasi, biaya penggudangan dan biaya administrasi penjualan) secara keseluruhan/bersama-sama terhadap nilai penjualan perusahaan tersebut.

c. Dari analisis penentuan biaya pemasaran yang paling dominan dengan nilai penjualan, diperoleh hasil bahwa biaya trasportasi yang mempunyai hubungan yang dominan dengan nilai penjualan.

Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka diajukan saran-saran, saran yang diberikan pada pihak perusahaan PT. Tempo Cabang Solo berdasarkan hasil penelitian ini adalah pihak perusahaan hendaknya tetap mengeluarkan biaya distribusi dalam usaha meningkatkan nilai penjualan. Pihak perusahaan bisa saja menambah lebih besar lagi jumlah anggarannya dengan seefektif mungkin agar penerimaan nilai penjualan bertambah besar karena terbukti bahwa biaya distribusi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai penjualan perusahaan tersebut, pihak perusahaan hendaknya lebih mengkonsentrasikan anggaran biaya distribusinya pada biaya transportasi, karena terbukti bahwa biaya transportasi merupakan biaya distribusi yang paling dominan hubungannya dengan nilai penjualan perusahaan tersebut. Sedangkan saran bagi kalangan akademis adalah bahwa hasil penelitian ini dapat menambah referensi yang berkaitan dengan kebijakan biaya distribusi dan nilai penjualan, dan untuk penelitian yang akan datang hendaknya mencoba meneliti perusahaan yang berbeda jenisnya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Soepomo MS
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis