Penulis Utama : Rani Prawita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Pemahaman wajib pungut hotel terhadap peraturan daerah nomor 9 tahun 2002 serta pengaruhnya pada ketaatan pemenuhan kewajiban perpajakan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1303032
Subyek : PAJAK DAN PERPAJAKAN-CARA PEMUNGUTAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman Wajib Pungut Hotel terhadap Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2002 dan tingkat ketaatan Wajib Pungut Hotel dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Penelitian ini juga menguji apakah terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman Wajib Pajak dan ketaatan Wajib Pajak.

Penelitian ini menggunakan 31 sampel Wajib Pungut Hotel yang terdapat di Kota Surakarta yang melaporkan Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (SPTPD) pada bulan Juli 2005. Analisis yang digunakan adalah analisis proporsi, rata-rata, dan uji chi square. Variabel ketaatan yang diajukan penulis dalam kuisioner yang akan digunakan dalam analisis adalah indikator pembayaran pajak, tempat pembayaran pajak, waktu penyampaian SPTPD, dan jumlah kamar yang ditempati pengunjung.

Terdapat tiga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu Ho1 Wajib Pajak tidak memahami Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2002, Ho2 Wajib Pajak tidak mentaati Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2002, dan Ho3 Tidak terdapat pengaruh antara variabel pemahaman Wajib Pajak terhadap Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2002 terhadap tingkat ketaatan Wajib Pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Wajib Pungut Hotel paham terhadap Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2002. Hal ini ditunjukkan dengan analisis proporsi dan rata-rata pada setiap item pertanyaan yang menghasilkan nilai rata-rata sebesar 0,72. Sedangkan analisis yang dilakukan terhadap variabel ketaatan menunjukkan rata-rata kelompok sebesar 0,66. Hal ini berarti rata-rata harapan lebih kecil daripada rata-rata kelompok. Sehingga Ho ditolak. Pengujian dengan alat uji chi square juga dilakukan pada indikator ketaatan yaitu untuk indikator pembayaran pajak. Dengan menggunakan degree of freedom sebesar 1 dan nilai x2 tabel sebesar 3,841 didapat nilai x2 hitung sebesar 20,161. Hal ini menunjukkan bahwa x2 tabel lebih kecil daripada nilai x2 hitung sehingga Ho ditolak. Begitu pula dengan indikator tempat pembayaran pajak dengan x2 hitung sebesar 23,516. Tetapi untuk indikator waktu penyampaian SPTPD dan jumlah pajak menunjukkan bahwa Wajib Pajak tidak taat terhadap Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2002. Hal ini ditunjukkan dengan nilai x2 hitung sebesar 0,032 dan 3,803. Hal ini berarti x2 hitung lebih kecil daripada x2 tabel sehingga Ho diterima.

Uji chi square dengan perintah crosstabs yang dilakukan untuk mengetahui hubungan antara variabel pemahaman Wajib Pajak terhadap ketaatan Wajib Pajak menghasilkan x2 hitung sebesar 3,468. Hal ini berarti x2 hitung lebih kecil daripada x2 tabel sehingga Ho ditolak. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah tidak terdapat pengaruh antara pemahaman Wajib Pajak terhadap ketaatan Wajib Pajak.

Sampel yang kecil adalah salah satu keterbatasan dalam penelitian ini. Penulis berharap pada penelitian selanjutnya variabel ketaatan yang lain dapat dipakai dalam pengujian. Hal ini penting karena terdapat banyak variabel ketaatan Wajib Pajak yang berpengaruh pada ketaatan pemenuhan kewajiban perpajakan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Sulardi, SE., Msi., Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis