Penulis Utama : Hening Dwi C.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Pengaruh kebijakan pemerintah Kabupaten Sukoharjo terhadap perkembangan pariwisata daerah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM.E0001146
Subyek : PARIWISATA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penulisan hukum (skripsi) ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kebijakan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo terhadap perkembangan pariwisata daerah, serta untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor penghambat dan faktor pendukung bagi pelaksanaan kebijakan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo dalam bidang pariwisata.

Penelitian ini merupakan penelitian empiris yang bersifat deskriftif. Lokasi penelitian di Kantor Dinas Perhubungan Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo. Jenis data yang digunakana meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara dan studi pustaka terhadap dokumen-dokumen dan sebagainya. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan model analisis interaktif (Interactive model of analysis).

Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa Kebijakan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo sangat berpengaruh terhadap perkembangan pariwisata daerah. Kebijakan pemerintah kabupaten adalah faktor yang paling menentukan perkembangan pariwisata di daerah ini. Kontribusi bidang pariwisata di Kabupaten Sukoharjo terhadap PAD yang masih relatif kecil jika dibandingkan dengan daerah sekitar, yaitu  Kabupaten Karanganyar dan Kota Surakarta, menyebabkan kurangnya prioritas Pemerintah Kabupaten Sukoharjo terhadap bidang pariwisata ini. Sementara itu, DPPK sebagai lembaga pariwisata daerah yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pengembangan sektor ini telah menyusun dan berupaya melaksanakan berbagai macam konsep serta strategi pengembangan pariwisata yang tidak hanya bertumpu pada daya tarik obyek wisata saja, akan tetapi pelaksanaan berbagai macam konsep serta strategi ini pun tidak semuanya dapat berjalan sesuai dengan rencana, dikarenakan kurangnya prioritas Pemerintah Kabupaten terhadap sektor ini sehingga menimbulkan dampak, yaitu terhambatnya perkembangan bidang pariwisata daerah di Kabupaten Sukoharjo. Terdapat beberapa faktor penghambat dalam pelaksanaan kebijakan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo dalam bidang pariwisata, yaitu : Permasalahan kurangnya daya tarik wisata dari obyek wisata yang ada di Kabupaten Sukoharjo; Belum tertata dengan baiknya berbagai macam potensi wisata yang ada di Kabupaten Sukoharjo; Kurang meratanya penyebaran letak berbagai fasilitas penunjang pariwisata; Pengembangan pariwisata yang membutuhkan dana relatif besar; Kurangnya alokasi anggaran yang diperuntukan bagi pengembangan sektor pariwisata; Kurangnya prioritas Pemerintah Kabupaten Sukoharjo terhadap pengembangan sektor pariwisata. Selain itu terdapat pula faktor pendukung, yang berupa: Letak wilayah Kabupaten Sukoharjo yang berdekatan dengan Kota Surakarta sehingga memungkinkan untuk dilakukannya pengembangan pariwisata shooping; Kabupaten Sukoharjo memiliki berbagai macam industri kerajinan yang cukup potensial untuk dikembangkan sebagai pendukung perkembangan pariwisata; Hasil-hasil industri yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai pendukung kepariwisataan tersebut telah memiliki pasar internasional serta dikenal luas sampai ke mancanegara; Wilayah Kabupaten Sukoharjo yang berdekatan dengan beberapa kota dan kabupaten seperti Wonogiri, Surakarta, Karanganyar, Yogyakarta, dan Semarang memberikan peluang untuk mengembangkan konsep pariwisata berbasis bisnis dan budaya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Djoko Wahju Winarno, S. H.,MS
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum