Penulis Utama : Tri Aryati Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Analisis pengaruh kepribadian terhadap kesukaan gaya manajerial partisipatif
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi-F0202116-2006
Subyek : MANAJERIAL PARTISIPATIF
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Organisasi tradisional yang cenderung bersifat perintah dan kendali (command and control), jika dibandingkan dengan beberapa tahun dewasa ini, menunjukkan suatu perubahan menuju struktur manajerial yang lebih partisipatif, dimana pengawasan langsung (direct supervision) dikurangi dan karyawan/bawahan diharuskan membuat perencanaan serta berpikir untuk diri sendiri. Seperti halnya yang telah dianjurkan pada literatur-literatur Person-Organization Fit (P-O Fit), penelitian dibutuhkan untuk mengidentifikasikan karakteristik individu yang menunjukkan kecocokan dengan struktur hubungan manajer-karyawan bawahan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) menganalisis kepribadian individu, dalam hal ini adalah mahasiswa, 2) menganalisis kesukaan individu, yaitu mahasiswa, terhadap gaya manajerial partisipatif dalam berorganisasi, dan 3) menganalisis pengaruh kepribadian individu yang dimiliki mahasiswa terhadap kesukaan gaya manajerial partisipatif dalam berorganisasi.

Berdasarkan tujuan di atas, penulis merumuskan permasalahan yaitu apakah kepribadian individu berpengaruh terhadap kesukaan gaya manajerial partisipatif. Hipotesis yang diajukan dari rumusan masalah tersebut disesuaikan dengan variabel kepribadian yang digunakan dalam penelitian ini. The Big Five Personality (agreeableness, openness to experience, extraversion, conscientiousness, dan neuroticism) yang telah diakui peneliti-peneliti di luar negeri dapat mendasari semua dimensi kepribadian lainnya, menjadi variabel independen pada penelitian ini. Variabel dependen pada penelitian ini adalah kesukaan gaya manajerial partisipatif yang berdasarkan Characteristics of Different Management System. Characteristics of Different Management System tersebut memiliki 4 pilihan dimulai dari sangat tidak suka gaya manajerial partisipatif sampai dengan sangat suka gaya manajerial partisipatif, yaitu exploitive authoritative, benevolent authoritative, consultative, dan participative. Adapun hipotesis yang digunakan adalah sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh positif antara tingkat agreeableness dengan tingkat kesukaan gaya manajerial partisipatif, 2) terdapat pengaruh positif antara tingkat openness to experience dengan tingkat kesukaan gaya manajerial partisipatif, 3) terdapat pengaruh positif antara tingkat extraversion dengan tingkat kesukaan gaya manajerial partisipatif, 4) terdapat pengaruh positif antara tingkat conscientiousness dengan tingkat kesukaan gaya manajerial partisipatif, dan 5) terdapat pengaruh positif antara tingkat neuroticism dengan tingkat kesukaan gaya manajerial partisipatif.

Pengujian hipotesis pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis kuantitatif, Multiple Linear Regression/Regresi Linier Berganda dengan alat analisis SPSS versi 12,00. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa program S1 Reguler Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dari ketiga jurusan, yaitu Manajemen, Ekonomi Pembangunan, dan Akuntansi. Mahasiswa tersebut adalah mahasiswa yang sedang menjalani proses persiapan menuju dunia kerja, masih aktif, dan mengikuti kegiatan belajar mengajar di ruang kelas, yaitu angkatan 2003. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsionate random sampling, yaitu penyebaran kuesioner pada angkatan 2003 FE UNS yang disesuaikan proporsi jumlah masing-masing jurusan dan nomor urut yang ditentukan dari hasil random. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer (kuesioner) dan data sekunder (data mahasiswa).

Dari hasil Multiple Linear Regression menunjukkan persamaan regresi Y = 21,951 + 0,978 X1 + 0,094 X2 + 0,052 X3 + 0,048 X4 + 0,076 X5. Oleh karena semua koefisien bertanda positif, berarti bahwa setiap perubahan variabel independen akan diimbangi dengan perubahan variabel dependen dengan arah yang sama. Pada analisis ini menghasilkan nilai uji t, uji F, dan R square. Setelah melakukan analisis tersebut, maka dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh positif antara tingkat agreeableness dengan tingkat kesukaan gaya manajerial partisipatif. Kemudian tidak terdapat pengaruh antara tingkat openness to experience, extraversion, conscientiousness, dan neuroticism dengan tingkat kesukaan gaya manajerial partisipatif.

Saran yang dapat diberikan bagi organisasi/perusahaan yang akan melakukan rekruitmen karyawan adalah seharusnya melakukan tes kepribadian yang disesuaikan dengan gaya manajerial organisasi. Hal ini berguna untuk memperoleh strategi dan program rekruitmen, begitu juga dengan pelatihan dan pengembangan karyawan yang sesuai dengan gaya manajerial yang diterapkan organisasi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Salamah Wahyuni, SU
Catatan Umum : 876/2006
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis