Penulis Utama : Rita Dwi Agustin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Kegiatan promosi dalam usaha meningkatkan volume penjualan pada PT. Asli Motor Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3201088-2004
Subyek : IKLAN-ASPEK PEMASARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dewasa ini, persaingan antar perusahaan di Indonesia semakin tajam. Hal ini mendorong PT. Asli Motor Klaten untuk melaksanakan kegiatan promosi. Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan dalam pemasaran. Kegiatan promosi akan berpengaruh dalam menentukan volume penjualan serta laba yang diperoleh. Kegiatan promosi mempunyai peranan yang sangat penting didalam perusahaan, karena menyampaikan informasi mengenai produk, penawaran, maupun perusahaan, agar konsumen tertarik untuk melakukan pembelian.

Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan keberhasilan kegiatan promosi yang dilakukan PT. Asli Motor Klaten dalam usaha meningkatkan volume penjualannya. Peneliti berharap hasil penelitian ini akan berguna sebagai masukan bagi perusahaan dalam kebijakan promosinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara dan pengamatan, sedangkan teknik analisis data secara deskriptif.

Berdasarkan hasil penelitian kegiatan promosi yang dilaksanakan di PT. Asli Motor Klaten, periklanan menggunakan media radio, kalender, brosur, spanduk, stiker dan gantungan kunci. Promosi penjualan dalam bentuk pemberian hadiah, peragaan, dan pemberian servis gratis. Personal selling dalam bentuk penjualan tatap muka, promosi keliling dan mendatangi rumah per rumah. Publisitas dalam bentuk kegiatan sponsor dan kunjungan nasabah. Dari keempat kegiatan promosi yang dilaksanakan, yang paling efektif adalah periklanan. Dalam kegiatan promosinya, PT. Asli Motor Klaten bekerja sama dengan PT. Astra Internasional. Melalui kegiatan promosi tersebut perusahaan mampu meningkatkan volume penjualannya, dengan kenaikan rata-rata volume penjualan per tahunnya sebesar 3,2% dan kenaikan rata-rata biaya promosi per tahunnya sebesar 6,5%.

Saran yang diberikan penulis, sebaiknya dalam pelaksanaan kegiatan promosinya, proporsi pengalokasian dana promosi untuk periklanan diperbesar mengingat periklanan merupakan kegiatan promosi yang paling efektif. Apabila dana yang dianggarkan masih memungkinkan, sebaiknya perusahaan juga membuat baliho atau billboard sendiri. sebaiknya dalam kegiatan promosi melalui periklanannya, perusahaan juga menggunakan media Koran. Koran merupakan media periklanan yang banyak pembacanya, biaya pengiklanannya tidak mahal sehingga produk yang ditawarkan bisa lebih dikenal masyarakat.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis