Penulis Utama : Filaeli Sapartinah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Pengaruh indikator makroekonomi terhadap indeks harga saham sektor keuangan di BEJ pasca krisis moneter 1997
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0101042
Subyek : HARGA SAHAM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penulisan Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan faktor-faktor fundamental makro ekonomi yaitu inflasi, kurs rupiah, pertumbuhan ekonomi, suku bunga SBI dan neraca transaksi berjalan terhadap indeks harga saham sektor keuangan di Bursa Efek Jakarta pasca krisis moneter 1997, untuk mengetahui seberapa besar perubahan faktor fundamental makro ekonomi terhadap indeks harga saham sektor keuangan di Bursa Efek Jakarta pasca krisis moneter 1997.

Penelitian ini merupakan analisis kuantitatif dan termasuk penelitian yang bersifat empiris. Data-data empiris didapat dari berbagai sumber seperti: Bank Indonesia, Pojok Bursa Efek Jakarta dan rujukan dari internet. Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder. Teknik pengumpulan data digunakan melalui penelitian kepustakaan baik berupa buku-buku, data-data dan sebagainya. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan model estimasi linier dinamik-ECM. Penerapan model estimasi linier dinamik terlebih dahulu melalui beberapa tahap pengujian yaitu Mac Kinnon-White-Davidson (MWD) test dan Dickey Fuller – Augmanted Dickey Fuller test (DF-ADF).

Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan alat analisis Error Correction Model (ECM), dengan metode penurunan yang digunakan adalah fungsi biaya kuadrat tunggal dari Domowitz-Elbadawi. Penurunan ECM berdasarkan fungsi tersebut sesuai dengan asumsi biaya penyesuaian yang dilakukan oleh investor berkaitan dengan kondisi di pasar yang tidak sesuai dengan prekdisi investor. Variabel yang digunakan adalah variabel-variabel makro ekonomi seperti tingkat inflasi, kurs rupiah, pertumbuhan ekonomi, suku bunga SBI dan neraca transaksi berjalan sebagai variabel independen. Sedangkan variabel dependen diwakili oleh indeks harga saham sektor keuangan periode sesudah krisis moneter hingga waktu aktual penelitian (2000:1-2004:12).

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan uji F dan   uji t terhadap hasil regresi model dinamik ECM dengan tingkat signifikansi 0,10 ternyata diperoleh hasil sebagai berikut perubahan tingkat inflasi dalam jangka pendek berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap indeks harga saham sektor keuangan, sedangkan dalam jangka panjang tingkat inflasi berpengaruh positif dan tidak signifikan. Perubahan kurs rupiah dalam jangka pendek berpengaruh negatif dan signifikan terhadap indeks harga saham sektor keuangan, sedangkan dalam jangka panjang kurs rupiah berpengaruh positif dan tidak signifikan. Pertumbuhan ekonomi dalam jangka pendek berpengaruh negatif dan signifikan sedangkan dalam jangka panjang berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks harga saham sektor keuangan. Suku bunga SBI dalam jangka pendek dan jangka panjang berpengaruh negatif  terhadap indeks harga saham sektor keuangan dengan perbedaan tingkat signifikansi untuk jangka pendek dan jangka panjang, dimana koefisien jangka pendek menunjukkan nilai yang signifikan sedangkan koefisien jangka panjang menunjukkan nilai yang tidak signifikan. Variabel transaksi berjalan dalam jangka pendek berpengaruh negatif dan signifikan terhadap indeks harga saham sektor keuangan sedangkan dalam jangka panjang memiliki pengaruh yang tidak signifikan dan positif.

Dari hasil pengujian asumsi klasik dalam penelitian ini berupa uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi terhadap estimasi model dengan pendekatan ECM dapat disimpulkan bahwa ketiga asumsi tersebut dapat dikatakan tidak dijumpai dalam estimasi model ECM ini, dengan demikian penelitian ini bersifat Best Linier Unbiased Estimator (BLUE).

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Riwi Sumantyo, SE., ME
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis