Penulis Utama : Novi Nurman Hadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh persepsi pengembangan produk dan saluran distribusi terhadap tingkat pemakaian air minum dalam kemasan Royan PT. Tirta Alam Tunggon Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1201049-2004
Subyek : PRODUKSI, MANAJEMEN-ASPEK PEMASARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dalam menghadapi era seperti ini para pengusaha dituntut untuk meningkatkan mutu dan kualitas barangnya agar mampu bersaing dalam persaingan pasar yang ketat. Dalam hal ini PT. Tirta Alam Tunggon melakukan pengembangan produk dengan cara, produk kemasan gelas berukuran 220ml diganti dengan ukuran 250ml yang diharapkan dapat menarik lebih banyak perhatian konsumen. Guna memasarkan produknya perusahaan dituntut jeli dan pandai dalam memilih saluran distribusi yang tepat dan efektif. Sebab saluran distribusi ikut menentukan kelangsungan hidup perusahaan. Dari uraian diatas, penulis tertarik mengambil judul PENGARUH PERSEPSI PENGEMBANGAN PRODUK DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP TINGKAT PEMAKAIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN “ROYAN” PT. TIRTA ALAM TUNGGON – SRAGEN.

Permasalahan pokok yang diambil adalah : (1) apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pengembangan produk terhadap tingkat pemakaian Air Minum dalam Kemasan “Royan”?, (2) apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara saluran distribusi terhadap tingkat pemakaian Air Minum Dalam Kemasan “Royan”?, (3) apakah pengembangan produk dan saluran distribusi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemakaian Air Minum Dalam Kemasan “Royan”?, (4) dari variabel pengembangan produk dan saluran distrubusi, manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap tingkat pemakaian Air Minum Dalam Kemasan “Royan”?. Adapun hipotesis yang diambil adalah : (1) diduga ada pengaruh yang signifikan antara pengembangan produk terhadap tingkat pemakaian Air Minum Dalam Kemasan “Royan”, (2) diduga ada pengaruh yang signifikan antara saluran distribusi terhadap tingkat pemakaian Air Minum Dalam Kemasan “Royan”, (3) diduga pengembangan produk dan saluran distribusi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemakaian Air Minum Dalam Kemasan “Royan”, (4) diduga variabel saluran distribusi mempunyai pengaruh dominan terhadap tingkat pemakaian Air Minum Dalam Kemasan “Royan”.

Data yang dipakai adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden. Penentuan sampel yang akan digunakan adalah dengan metode convenience sampling yaitu pengambilan sampel diambil dari anggota populasi yang paling mudah untuk segera dimintai informasinya. Analisis yang digunakan adalah, analisis deskriptif, analisis kuantitatif (uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda), tahap pengujian regresi (uji regresi parsial, uji regresi serempak, uji R2).

Hasil analisis data dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel pengembangan produk dengan t hitung = 2,255 > t tabel = 1,66 dan variabel saluran distribusi dengan t hitung = 8,279 > t tabel = 1,66 atau masing-masing variabel independen berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemakaian. Untuk uji F menunjukkan bahwa variabel pengembangan produk dan variabel saluran distribusi sama-sama berpengaruh terhadap tingkat pemakaian dengan F hitung = 35,939 > F tabel 3,10. Sedang dari analisis regresi berganda menunjukkan adanya pengaruh positif dari variabel pengembangan produk dan saluran distribusi terhadap tingkat pemakaian dan variabel saluran distribusi berpengaruh dominan daripada variabel pengembangan produk terhadap tingkat pemakaian Air Minum Dalam Kemasan “Royan”.

Saran yang dapat diberikan adalah pihak Royan melakukan terobosan keberbagai toko, swalayan guna mempertahankan dan meningkatkan atau memperluas cakupan distribusinya dengan memasuki segmen pasar baru. Serta menambah fasilitas alat angkut untuk distribusi dengan menggunakan sepeda motor dilengkapi dengan bak guna memudahkan pemasaran dan pendistribusian di daerah perumahan penduduk.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis