Penulis Utama : Aristyowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Peran forum masyarakat sragen (FORMAS) dalam menyikapi situasi politik yang berkembang di Kabupaten Sragen tahun 1999-2004
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0501017
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif analitis yang berusaha mendeskripsikan serta menganalisa tentang Peran Forum Masyarakat Sragen (FORMAS) Dalam Menyikapi Situasi Politik Yang Berkembang Di Kabupaten Sragen Tahun 1999-2004, Skripsi: Jurusan Sejarah Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret Surakarta 2006.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Apa yang menjadi latar belakang terbentuknya Forum Masyarakat Sragen? (2) Bagaimanakah upaya-upaya yang dilakukan Forum Masyarakat Sragen dalam usaha mengembangkan organisasinya? (3) Bagaimanakah peran Forum Masyarakat Sragen dalam menyikapi situasi politik yang berkembang di Kabupaten Sragen tahun 1999 sampai 2004?Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan latar belakang terbentuknya Forum Masyarakat Sragen, (2) Mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan Forum Masyarakat Sragen dalam usaha mengembangkan organisasinya, dan (3) Mendeskripsikan peran Forum Masyarakat Sragen dalam menyikapi situasi politik yang berkembang di Kabupaten Sragen tahun 1999-2004.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis dan bersifat deskriptif analitis yang berusaha mendeskripsikan serta menganalisis tentang Forum Masyarakat Sragen pada tahun 1999-2004. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan sumber-sumber secara efektif, menilainya secara kritis dan mengajukan sintesis dari hasil-hasil yang dicapai dalam bentuk tertulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi dokumen, dan studi pustaka. Dari hasil pengumpulan data, kemudian data dianalisis dan diinterpretasikan berdasarkan kronologisnya.

Dari analisis ini dapat disimpulkan beberapa hal: (1) Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi terbentuknya Forum Masyarakat Sragen. Pertama, aksi penggulingan Orde Baru oleh kalangan mahasiswa di kancah nasional. Kedua, maraknya praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) di lingkup Kabupaten Sragen. Ketiga, tersumbatnya saluran aspirasi di tingkat eksekutif dan legislatif yang membuat masyarakat beralih ke saluran alternatif, yakni LSM. Keempat, pola piker generasi muda masyarakat Sragen yang dinamis dan kritis. (2) Upaya-upaya yang dilakukan Forum Masyarakat Sragen dalam mengembangkan organisasinya ditunjukkan dengan membangun kontak dengan LSM dan organisasi massa (Ormas) lain, mewacanakan partisipasi politik, dan membentuk Forum Warga Kecamatan (FWK) di seluruh kecamatan di Kabupaten Sragen. (3) Peran Forum Masyarakat Sragen dalam menyikapi situasi politik yang berkembang di Kabupaten Sragen sejak mulai berdiri pada tahun 1999 hingga 2004, merespons dan advokasi setiap isu dan kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Sragen. Pada pelaksanaan Pemilu 2004, setiap tahapan juga dikawal dengan jalan aktif sebagai relawan pemantau dalam lembaga pemantau Pemilu yang bernama Reform.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs Soedarmono SU
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis