Penulis Utama : Dedy Fransiskha Hendrawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Episode Endhang Pregiwa dan Endhang Pregiwati dalam Serat Purwa Pregiwa Pregiwati: suatu tinjauan filologis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0100008
Subyek : SERAT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini terdiri atas dua hal yaitu: 1) Bagaimanakah bentuk suntingan teks Pupuh IX-Pupuh XVII naskah Serat Purwa Pregiwa Pregiwati dalam Episode Endhang Pregiwa dan Endhang Pregiwati yang bersih dari kesalahan atau yang mendekati asli sesuai dengan cara kerja filologi? 2) Bagaimanakah kandungan isi dan makna Episode Endhang Pregiwa dan Endhang Pregiwati dalam Serat Purwa Pregiwa Pregiwati Pupuh IX-Pupuh XVII? Tujuan penelitian ini adalah 1) menyunting teks Pupuh IX-Pupuh XVII Serat Purwa Pregiwa Pregiwati dalam Episode Endhang Pregiwa dan Endhang Pregiwati yang bersih dari kesalahan dan dipandang mendekati aslinya sesuai dengan cara kerja filologi, 2) mengungkapkan kandungan isi dan makna Episode Endhang Pregiwa dan Endhang Pregiwati dalam Serat Purwa Pregiwa Pregiwati Pupuh IX-Pupuh XVII.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian filologis dan bersifat deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library reseach). Lokasi penelitian berada di Surakarta, tempat diketemukannya naskah yang seversi. Sumber data dalam penelitian ini adalah semua naskah yang berjudul Serat Purwa Pregiwa Pregiwati. Data dalam penelitian ini adalah teks Pupuh IX-Pupuh XVII yang memuat Episode Endhang Pregiwa dan Endhang Pregiwati dalam naskah Serat Purwa Pregiwa Pregiwati. Teknik pengumpulan dan analisis data dilakukan sesuai cara kerja filologi yang meliputi inventarisasi, observasi pendahuluan dan deskripsi naskah, penentuan naskah dasar, suntingan teks disertai aparat kritik dan terjemahan.

Berdasarkan inventarisasi naskah melalui beberapa katalog naskah-naskah Jawa ditemukan 5 (lima) naskah, 2 (dua) tulisan Jawa cetak dan 1 (satu) tulisan Latin yang berjudul sama mengenai Serat Purwa Pregiwa Pregiwati. Setelah diobservasi lebih lanjut, maka dua naskah dieliminasi, yaitu : (1) Pregiwa Pregiwati, nomor katalog D 61 koleksi Perpustakaan Reksapustaka Pura Mangkunegaran Surakarta dan (2) Pergiwa Pergiwati, nomor katalog 2335 / PP 73 (katalog lokal) koleksi Perpustakaan Widyapustaka Pura Pakualaman Yogyakarta, yang berbeda dalam hal urutan tembang dan versi ceritanya. Sedangkan dua tulisan Jawa cetak dan satu tulisan Latin cetak dikarenakan bukan merupakan manuskrip, maka dari awal penelitian sudah dieliminir. Jadi ada tiga naskah yang dijadikan sebagai data primer, yaitu sebagai berikut : (1) Serat Purwa Pregiwa Pregiwati, nomor katalog 136 Ca koleksi Perpustakaan Sasanapustaka Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningra, yang terdiri dari 56 pupuh dan selanjutnya disebut Naskah A; (2) Pregiwa Pregiwati, nomor katalog 194 koleksi Museum Radyapustaka Surakarta, yang terdiri dari 109 pupuh dan selanjutnya disebut Naskah B; dan (3) Serat Pregiwa Pregiwati (Serat Pragiwa), nomor katalog 186 koleksi Museum Radyapustaka Surakarta, yang terdiri dari 27 pupuh dan selanjutnya disebut Naskah C. Dari ketiga naskah itu hanya dikaji teks Pupuh IX-Pupuh XVII yang memuat Episode Endhang Pregiwa dan Endhang Pregiwati. Dimana, ketiga teks naskah tersebut memiliki persamaan dan perbedaan, sehingga perlu diteliti secara filologis untuk mendapatkan teks yang bersih dari kesalahan atau mendekati asli. Melalui perbandingan tahun penulisan, bahan atau keadaan naskah, gaya bahasa atau penulisan, jumlah dan urutan bait, perbandingan bacaan naskah dan mempertimbangkan isi yang terkandung didalamnya tidak menyimpang dari kebanyakan teks naskah yang lainnya, maka teks Pupuh IX-Pupuh XVII yang memuat Episode Endhang Pregiwa dan Endhang Pregiwati dalam naskah Serat Purwa Pregiwa Pregiwati dengan nomor katalog 194 (naskah B), dipilih sebagai naskah dasar yang disajikan dalam suntingan teks, sedangkan kedua naskah lainnya dijadikan sebagai naskah pembanding atau naskah pembantu. Metode yang digunakan dalam suntingan teks tersebut ialah metode landasan karena naskah yang paling unggul kualitasnya dijadikan teks dasar. Dalam suntingan tersebut, teks ditransliterasikan dari aksara Jawa ke dalam aksara Latin disertai aparat kritik dan terjemahan maupun sinopsis ke dalam bahasa Indonesia. Jadi teks yang dihasilkan dalam suntingan dianggap sebagai teks yang paling dekat dengan aslinya dan bersih dari kesalahan.

Selanjutnya teks hasil suntingan dianalisis kandungan isi dan maknanya dengan teknik interpretasi. Teks Pupuh IX-Pupuh XVII dalam naskah Serat Purwa Pregiwa Pregiwati yang memuat Episode Endhang Pregiwa dan Endhang Pregiwati merupakan salah satu bagian atau episode dari cerita lakon wayang, khususnya lakon Abimanyu Krama atau lakon Pregiwa Pregiwati, yang menceritakan keinginan Endhang Pregiwa dan Endhang Pregiwati untuk bertemu dengan ayahandanya yaitu Raden Arjuna dan perjalanan Endhang Pregiwa dan Endhang Pregiwati dalam mencari ayahandanya itu. Teks tersebut, mengandung isi dan makna tentang : (i) Ajaran yang diajurkan, meliputi sikap pasrah, sabar dan narima, ajaran untuk berusaha keras atau tekun dan ajaran berbakti kepada orang tua; (ii) Ajaran yang tidak dianjurkan, seperti perbuatan yang tidak bertanggung jawab dan perkataan yang tidak sesuai dengan kenyataan; (iii) Suatu cerita tentang perwujudan usaha untuk mengaktualisasikan diri; (iv) Suatu cerita tentang perwujudan perjuangan untuk mengangkat harkat hidup; dan (v) Kontroversial di balik cerita Endhang Pregiwa dan Endhang Pregiwati, ini ditambahkan sebagai perbandingan cerita dan sebagai tambahan wawasan, khususnya tentang pengetahuan lakon wayang.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Endang Tri Winarni, M. Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa