Penulis Utama : Anna Sushanti Ekasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan asli daerah di Kabupaten Boyolali Th. 1992-2002
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1101006-2004
Subyek : PAJAK DAERAH
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar belakang masalah penelitian ini adalah diberlakukanya undang-undang otonomi daerah yaitu Undang-undang No. 22 Tahun 1999 dan pemberlakuan Undang-undang No. 25 Tahun 1999 tentang Keuangan Daerah yang membawa konsekuensi pemberian wewenang kepada kepada setiap pemerintah daerah untuk mengatur rumah tangganya sendiri, termasuk keuangan daerah masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh investasi, jumlah penduduk, dan pendapatan per kapita masyarakat (PDRB) terhadap besarnya PAD Kabupaten Boyolali, mengetahui variabel yang paling dominan bagi pemasukan PAD di Kabuptaen Boyolali, serta trend perkembangan PAD Kabupaten Boyolali selama kurun waktu 10 tahun ke depan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah bahwa variable investasi, jumlah penduduk, dan pendapatan perkapita masyarakat (PDRB) secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap besarnya PAD Kabupaten Boyolali, variabel penduduk paling dominan dalam pemasukan PAD serta trend perkembangan PAD Kabupaten Boyolali 10 tahun ke depan meningkat.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder runtut waktu atau  time series mulai tahun 1992-2002. Alat analisisnya adalah regresi linier berganda dengan model LN.

Dari hasil analisis data diperoleh bahwa baik secara individu maupun secara bersama - sama besarnya investasi, jumlah penduduk,  dan PDRB berpengaruh signifikan terhadap besarnya PAD Kabupaten Boyolali. Koefisien regresi faktor ivestasi sebesar 0,125 menunjukan bahwa penambahan investasi sebesar 1% akan meningkatkan PAD sebesar 0,125 %. Koefisien regresi jumlah penduduk sebesar 17,469 menunjukan bahwa penambahan penduduk sebesar 1%   akan berpengaruh terhadap kenaikan jumlah PAD 17, 469 %. Koefisien regresi PDRB sebesar 2,160 menunjukkan bahwa penambahan 1 % PDRRB akan menaikkan PAD sebesar 2,160 %.

Dilihat dari koefisien regresi tersebut jumlah penduduk mempuyai pengaruh yang paling dominanterhadap besarnya PAD Kabupaten Boyolali. Dari hasil penghitungan trend perkembangan PAD Kabupaten Boyolali tahun 2012 meningkat secara positif

Saran yang dapat diberikan adalah agar Pemerintah Kabupaten Boyolali lebih mengoptimumkan usahanya untuk menarik para investor, baik dari dalam daerah maupun dari luar daerah agar mau menanamkan modalnya di Kabupaten Boyolali, sehingga pertumbuhan ekonominya semakin meningkat. Jika pertumbuhan ekonominya meningkat, maka secara tidak langsung PAD pun akan ikut meningkat.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Sumardi, SE
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis