Penulis Utama : Nirwana Herawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Sales contract process pada transaksi ekspor CV. Permata 7 Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3103080
Subyek : SALES
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui lebih mendalam dan pemahaman mengenai kontrak jual beli ekspor furniture yang dilakukan oleh eksportir dan importir sebagai suatu landasan hukum bagi pelaksana suatu transaksi yang mengikat kedua belah pihak.

Metode penelitian yang digunakan adalah bagian dari mencari, mendapatkan data untuk selanjutnya dilakukan penyusunan dalam bentuk laporan penelitian. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan melalui wawancara langsung pada CV. Permata 7, pada bagian ekspor dan staff karyawan, sedangkan data sekunder diperoleh dari data referensi dan sumber data lainnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif, data yang tidak berwujud angka yang berupa data sales contract, hambatan dan cara mengatasinya, sedangkan data kuantitatif merupakan data yang berwujud angka yang berupa data penjualan eksport CV. Permata 7 pada tahun 2005.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kontrak jual beli yang dilakukan oleh CV. Permata 7 menggunakan proses sales contract non Letter of Credit (L/C) atau Telegraphic Transfer (TT). Dengan adanya perjanjian tersebut menimbulkan hak dan kewajiban antara kedua belah pihak yang harus dilakanakan menurut ketentuan yang berlaku dalam Incoterm 2000.

Hambatan yang timbul dari proses sales contract tersebut adalah penetapan harga yang cocok bagi perusahaan dan importir untuk mencapai kata sepakat dalam mengikat kontrak, sehingga diperlukan strategi pengalihan harga. Strategi pengalihan harga ini adalah strategi pengalihan biaya yang di tawarkan ke biaya pengangkutan, sehingga tanggungjawab pengangkutan akan ditanggung oleh importir atau setengah-tengah. Selain itu hambatan lainnya adalah pengaruh cuaca terhadap proses produksi, khususnya pada proses pengeringan, sehingga diperlukan metode khusus melalui ruang pemanas.

Saran yang dapat di ajukan adalah dalam hal pembayaran sebaiknya menggunakan Letter of Credit (L/C), mempunyai batas maksimal dalam penetapan harga, dan pembuatan dokumen lebih baik oleh perusahaan sendiri.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Wahyu Agung Setyo, SE
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis