Penulis Utama : Prihaningtas Saptorini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan asuransi takaful di wilayah Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1101037
Subyek : ASURANSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Apakah pendapatan, pendidikan, usia, dan persepsi masyarakat mempunyai hubungan yang signifikan terhadap partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan asuransi takaful, (2) Bagaimana pola pengaruh pendapatan, pendidikan, usia, dan persepsi masyarakat terhadap partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan asuransi takaful. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hubungan variabel pendapatan, pendidikan, usia, dan persepsi masyarakat terhadap partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan asuransi takaful, (2) Untuk mengetahui pola pengaruh dari variabel-variabel tersebut terhadap partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan asuransi takaful. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang signifikan dan pengaruh yang positif antara variabel-variabel pendapatan, pendidikan, usia, dan persepsi masyarakat terhadap partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan Asuransi Takaful..

Penelitian ini merupakan analisis data primer, dimana data yang digunakan adalah data nasabah dari Asuransi Takaful Yogyakarta sebanyak 50 orang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis model regresi linear berganda dimana variabel tingkat partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan Asuransi Takaful dijadikan sebagai variabel dependen sedangkan variabel tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, tingkat usia, dan tingkat persepsi masyarakat dijadikan sebagai variabel independen.

Hasil analisis menunjukkan bahwa, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, tingkat usia dan tingkat persepsi masyarakat berpengaruh positif terhadap tingkat partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan Asuransi Takaful. Dari hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,825 yang berarti bahwa pengaruh yang ditimbulkan oleh variabel independen tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, tingkat usia, dan tingkat persepsi masyarakat dapat menjelaskan variabel dependen tingkat partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan asuransi takaful sebesar 82,50%, sedangkan sisanya sebesar 17,50 % dijelaskan oleh variasi variabel lain di luar model. Sedangkan hasil yang diperoleh dari uji F menunjukkan bahwa semua variabel independen secara signifikan mempengaruhi tingkat partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan asuransi takaful.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu pada uji t didapatkan hasil bahwa variabel independen yaitu tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, dan tingkat persepsi masyarakat mempunyai hubungan yang signifikan terhadap tingkat partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan Asuransi takaful pada taraf signifikansi a = 5%. Tetapi tingkat usia tidak menunjukkan hubungan yang signifikan. Pada uji F diperoleh hasil bahwa semua variabel independen secara serempak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan yang terjadi pada tingkat partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan Asuransi takaful pada taraf signifikansi a = 5%. Dari koefisien regresi yang didapat menunjukkan bahwa terjadi pengaruh yang positif antara variabel tingkat partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan asuransi takaful dengan variabel-variabel tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, tingkat usia, dan tingkat persepsi masyarakat. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa besar kecilnya partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan Asuransi Takaful sangat dipengaruhi oleh tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, dan tingkat persepsi masyarakat. Sedangkan tingkat usia tidak memberikan pengaruh terhadap besar kecilnya partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan Asuransi Takaful.

Asuransi Takaful Yogyakarta disarankan agar mensosialisasikan produk-produknya pada masyarakat berbagai tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, dan tingkat usia agar peran dan keberadaan Asuransi Takaful dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat. Selain itu perusahaan disarankan juga agar mengeluarkan produk-produk yang dapat dijangkau oleh masyarakat yang berpendapatan rendah guna memperluas pasar. Dan untuk mempertahankan kepercayaan masyarakat dan menghadapi persaingan dengan perusahaan asuransi lain, Asuransi Takaful Yogyakarta disarankan agar memiliki produk-produk, manajemen usaha dan sumber daya manusia yang berkualitas.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis