Penulis Utama : Erlina Retno Wijayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis pengaruh stock split terhadap abnormal return dan likuiditas saham di bursa efek jakarta periode 1998-2002
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200048
Subyek : SAHAM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah apakah pengumuman stock split yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta periode 1998-2002 mempengaruhi pasar yang tercermin dari adanya abnormal return yang signifikan maupun likuiditas saham. Sehubungan dengan masalah tersebut diajukan hipotesis pertama sebagai berikut tdak terdapat perbedaan yang signifikan abnormal return antara sebelum dan setelah pengumuman stock split. Sedangkan hipotesis kedua adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan likuiditas saham antara sebelum dan setelah pengumuman stock split.

Sejalan dengan masalah dan hipotesis tersebut, maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan populasi seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling yang dibatasi dengan adanya spesifikasi sampel yang sesuai dengan informasi yang dibutuhkan dan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Pengumpulan data dengan menggunakan metode historis yaitu data nama-nama emitan yang melakukan pengumuman stock split, harga saham harian dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang diperoleh dari ICMD dan JSX periode 1998-2002. Instrumen dalam penelitian ini adalah pengumuman stock split sebagai variabel independen dan nilai saham serta likuiditas saham sebagai variabel dependennya. Sedangkan untuk membuktikan hipotesis tersebut digunakan uji beda dua rata-rata (paired sample t-test).

Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 29 emiten yang menjadi sampel penelitian, diperoleh bahwa kedua hipotesis tersebut ditolak. Artinya bahwa sebelum dan setelah pengumuman stock split terdapat perbedaan baik abnormal return dan likuiditas saham. Hal ini dapat dilihat pada hasil t-hitung rata-rata abnormal return 2,642 lebih besar dari t-tabel 2,048 dengan sig.t 0,013 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan untuk likuiditas saham yang diukur dengan persentase spread diperoleh t-hitung –2,247 lebih besar dari t-tabel 2,048 pada pengujian dua sisi dan sig.t sebesar 0,033 lebih kecil dari 0,05.

Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari abnormal return sebelum dan setelah pengumuman stock split. Dengan ditemukannya abnormal return di seputar pengumuman stock split, maka menunjukkan bahwa pasar merespon pengumuman tersebut, karena dinilai bahwa pengumuman stock split memiliki kandungan informasi. Sedangkan pada likuiditas saham disimpulkan bahwa sebelum dan setelah stock split terdapat perbedaan yang signifikan. Setelah stock split, likuiditas saham justru semakin meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi saham tidak likuid. Karena sebagian besar investor tidak segera melepas sahamnya, dengan harapan bahwa mereka masih ingin memperoleh keuntungan (return).

Berdasarkan temuan tersebut diajukan saran-saran, karena pada penelitian ini pengumuman stock split mengandung informasi, maka diharapkan investor lebih jeli dalam mencermati makna informasi tersebut. Sehubungan dengan ditemukannya abnormal return yang positif hanya pada saat pengumuman saja, maka bagi investor yang hanya berorientasi pada abnormal return yang tinggi, disarankan untuk melepas sahamnya pada saat pengumuman stock split disampaikan ke publik (t0). Sedangkan untuk likuiditas saham, investor diharapkan lebih cermat dalam memilih saham-saham yang likuid. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan lebih memperinci sampel penelitian antara lain dengan memasukkan ukuran perusahaan, aspek industri, maupun faktor ekonomi yang lain.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis