Penulis Utama : Aris Wisnu Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis hubungan karakteristik pembeli produk terhadap faktor motif beli pelindung di Alnect Komputer
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0299031
Subyek : KONSUMEN, TINGKAH LAKU
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini mencoba menjawab masalah yang ada dengan perumusan sebagai berikut : (1). Adakah hubungan yang signifikan antara tingkat usia, pendapatan dan jenis pekerjaan dengan faktor motif beli pelindung dalam pembelian produk di Alnect Komputer. (2). Manakah dari hubungan-hubungan tersebut yang paling kuat. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara tingkat usia, tingkat pendapatan dan jenis pekerjaan dengan motif beli pelindung dalam pembelian produk di Alnect Komputer. (2). Untuk mengetahui derajat hubungan yang paling erat dari variable-variabel tersebut. Untuk itulah maka diambil hipotesis : (1). Diduga ada hubungan antara tingkat usia, pendapatan dan jenis pekerjaan dengan motif beli pelindung yang meliputi kenyamanan lokasi, aneka pilihan barang, kecepatan pelayanan dan penampilan toko. (2). Diduga dari hubungan variabel yang paling erat dalam pemilihan toko komputer adalah variabel usia sangat erat hubungannya dengan variabel kecepatan pelayanan.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap pembeli atau pelanggan di Alnect Komputer dengan menggunakan metode survey. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan convenience, dengan jumlah responden 100 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan pembagian kuisioner.

Untuk keperluan tersebut digunakan berbagai analisis deskriptif dan kuntitatif. Analisis deskriptif untuk menghasilkan distribusi motif beli pelindung dari para pembeli atau pelanggan di Alnect Komputer. Dan analisis kuantitatif yang meliputi : uji Chi Square untuk membuktikan hipotesis yang menghasilkan, bahwa tidak semua faktor motif beli pelindung memiliki hubungan yang signifikan terhadap karakteristik konsumen dalam pemilihan toko komputer, dan analisis Koefisien Kontingensi untuk menjawab hipotesis yang menghasilkan, hubungan yang memiliki tingkat keeratan paling tinggi yaitu tingkat usia dengan kenyamanan lokasi. Sehingga dapat diambil kesimpulan : untuk pelanggan di Alnect Komputer, sebagian besar responden adalah berusia 18-21 tahun, jenis pekerjaan sekolah dan memiliki pendapatan Rp.500.000 – Rp.999.999 dan responden sebagian besar menilai bahwa Alnect kenyamanan lokasinya sangat nyaman, keanekaragaman barangnya sangat banyak, kecepatan pelayanannya tidak cepat, penampilan tokonya baik. Dan dari analisis Chi Square dapat disimpulkan bahwa hampir semua karakteristik pembeli berhubungan signifikan dengan faktor motif beli pelindung : Usia signifikan terhadap kenyamanan lokasi karena X2hitung (36,910) > X2tabel (16,919). Usia signifikan dengan kecepatan pelayanan karena X2hitung (31,767) > X2tabel (16,919). Usia signifikan terhadap keanekaragaman barang karena X2hitung (21,862) > X2tabel (16,919). Dan usia signifikan terhadap penampilan toko karena X2hitung (31,344) > X2tabel (16,919).Jenis pekerjaan signifikan terhadap kenyamanan lokasi karena X2hitung (22,210) > X2tabel (16,919). Jenis pekerjaan signifikan terhadap kecepatan pelayanan karena X2hitung (19,024) > X2tabel (16,919). Jenis pekerjaan signifikan terhadap keanekaragaman barang karena X2hitung (17,874) > X2tabel (16,919). Dan jenis pekerjaan signifikan terhadap penampilan toko karena X2hitung (18,486) > X2tabel (16,919). Tingkat pendapatan memiliki hubungan signifikan terhadap kenyaman lokasi karena X2hitung (17,598) > X2tabel (16,919). Tingkat pendapatan memiliki hubungan signifikan terhadap kecepatan pelayanan karena X2hitung (18,786) > X2tabel (16,919). Dan tingkat pendapatan memiliki hubungan signifikan terhadap penampilan toko karena X2hitung (37,149) > X2tabel (16,919).

Selain itu ada juga hubungan yang tidak signifikan yaitu : tingkat pendapatan terhadap keanekaragaman barang karena X2hitung (11,082) < X2tabel (16,919).

Dari analisis koefisien kontingensi dapat disimpulkan bahwa tingkat usia memiliki tingkat keeratan tertinggi terhadap kenyamanan lokasi karena mempunyai selisih yang paling kecil (0,297).

Dari hal tersebut maka diajukan saran sebagai berikut : walaupun sebagian besar karakteristik konsumen berhubungan secara signifikan terhadap faktor motif beli pelindung yang dimiliki oleh Alnect Komputer namun ada juga hubungan yang tidak signifikan yaitu tingkat pendapatan terhadap keanekaragaman barang. Sehingga dalam usaha untuk meningkatkan pembeli atau pelanggan maka Alnect Komputer harus benar-benar memperhatikan kenyamanan lokasinya.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis