Penulis Utama : Puji Hastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis pengaruh biaya distribusi terhadap volume penjualan pada PT. Mutu Gading Tekstil di Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3201081-2004
Subyek : PEMASARAN, MANAJEMEN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan didirikannya sebuah perusahaan adalah untuk memperoleh keuntungan atau laba. Hal ini biasanya dapat dilihat dari besarnya volume penjualan yang dicapai. Untuk mencapai tujuan tersebut perusahaan perlu melakukan kegiatan pemasaran, salah satunya yaitu dengan melakukan kegiatan distribusi. Kegiatan ini sangat penting karena berhubungan dengan penyampaian produk kepada konsumen. Dalam melaksanakan kegiatan distribusi, perusahaan akan mengeluarkan biaya distribusi seperti biaya penjualan, biaya pengangkutan, dan biaya penggudangan.

Penelitian ini berbentuk studi kasus dengan obyek PT. Mutu Gading Tekstil. Sebuah perusahaan yang berlokasi di Jalan Raya Solo-Purwodadi Km. 11 Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Perusahaan ini bergerak di bidang tekstil yang menghasilkan produk berupa benang, yaitu benang polyester yarn.

Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh biaya distribusi yang terdiri dari biaya penjualan, biaya pengangkutan, biaya penggudangan terhadap volume penjualan dan untuk mengetahui diantara ketiga biaya tersebut manakah yang paling berpengaruh terhadap kenaikan volume penjualan. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat baik bagi penulis, perusahaan maupun pembaca, yaitu dapat menambah pengalaman dan informasi. Bagi perusahaan dapat digunakan sebagai masukan dalam menentukan dan mengevaluasi kebijakannya terutama dalam kegiatan pemasaran.

Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Sedangkan teknik analisisnya menggunakan analisis regresi linear berganda yang perhitungannya menggunakan alat bantu komputer program SPSS.

Dari hasil analisis data diperoleh persamaan regresi :

Y = (-3,72E + 09) + 299,526X1 + 289,952X2 – 132,112X3. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa biaya distribusi yang terdiri dari biaya penjualan, biaya pengangkutan dan biaya penggudangan memiliki pengaruh terhadap volume penjualan. Diantara ketiga biaya distribusi tersebut yang paling berpengaruh terhadap kenaikan volume penjualan adalah biaya penjualan karena memiliki koefisien terbesar.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan sebaiknya perusahaan mempertimbangkan pengeluaran biaya penjualan dan pengangkutan karena mempunyai koefisien positif yang berarti memiliki pengaruh terhadap kenaikan volume penjualan dari setiap perubahannya. Sedangkan untuk biaya penggudangan yang memiliki koefisien negatif sebaiknya perusahaan memperhatikan pengeluaran biaya ini seperti untuk pemeliharaan dan keamanan, misalnya dari kebakaran, kerusakan, dan lain-lain.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoseno Ranupandojo
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis