Penulis Utama : Ati Bilem
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Analisis pengaruh citra supermarket terhadap loyalitas konsumen pada toko Mitra di Kartasura Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Ekonomi NIM.F1202012
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah citra supermarket berpengaruh baik secara individu maupun serentak terhadap pembelian ulang konsumen pada Mitra Supermarket di Kartasura. 2)Dimensi manakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap pembelian ulang konsumen pada Mitra Supermarket di Kartasura.Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh citra supermarket baik secara individu maupun serentak terhadap pembelian ulang konsumen pada Mitra Supermarket di Kartasura. 2) Untuk mengetahui dimensi manakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap pembelian ulang konsumen pada Mitra Supermarket di Kartasura.Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1) Citra supermarket berpengaruh baik secara individu maupun serentak terhadap pembelian ulang konsumen pada Mitra Supermarket di Kartasura. 2) Dimensi yang paling dominan pengaruhnya terhadap pembelian ulang konsumen pada Mitra Supermarket di Kartasura adalah dimensi harga.

Penelitian ini dilakukan dengan metode survey, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden yang diambil dari konsumen yang sedang berbelanja di Mitra Supermarket. Alat analisis yang digunakan adalah analisis model regresi linear berganda, Uji t, Uji F dan koefisien determinasi.

Hasil analisis menunjukkan bahwa : Dari hasil regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi: Y = -1,867 + 0,430X1+ 0,131X2 + 0,008X3 + 0,151X4+ 0,124X5+ 0,008X6 + 0,117X7 + 0,161X8, karena semua koefisien regresi bertanda positif maka mempunyai arti bahwa setiap perubahan variabel independen maka akan diimbangi dengan perubahan variabel dependen dengan arah yang sama. Pada Uji t yang dihasilkan oleh regresi linear berganda dimensi harga , dimensi kualitas, dimensi lokasi , dimensi pelayanan, dimensi fasilitas fisik dan dimensi promosi berpengaruh terhadap loyalitas konsumen secara individu yang ditunjukkan dari nilai probabilitasnya yang lebih kecil dari tingkat signifikansi sebesar 0,05. Sedangkan untuk dimensi pilihan barang dan dimensi desain toko tidak terdapat pengaruh terhadap loyalitas konsumen secara induvidu yang ditunjukkan dari nilai probabilitas yang lebih besar dari tingkat signifikansi sebesar 0,05. Berdasarkan hasil Uji F yang dihasilkan oleh regresi linear berganda sebesar nilai F hitung (74,097) > F tabel (2,03) atau Probabilitasnya (0,000) < (0,05) yang berarti terdapat pengaruh citra supermarket terhadap loyalitas konsumen dalam keinginan untuk membeli ulang di Toko Mitra Supermarket di Kartasura secara serentak . Besarnya koefisien determinasi (R2) adalah 0,855, artinya pengaruh semua variabel independen terhadap perubahan nilai dependen adalah 85,5% sisanya 14,5% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel independen yang digunakan.

Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa citra supermarket yaitu dimensi harga, dimensi kualitas, dimensi pelayanan, dimensi fasilitas fisik dan dimensi promosi berpengaruh secara induvidu terhadap pembelian ulang konsumen pada Mitra Supermarket di Kartasura dan citra supermarket dimensi pilihan barang dan dimensi desain toko tidak berpengaruh secara induvidu terhadap Pembelian ulang konsumen pada mitra supermarket. Sedangkan Citra Supermarket berpengaruh secara serentak terhadap pembelian ulang konsumen pada Mitra Supermarket di Kartasura. Dimensi harga merupakan dimensi yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dalam keinginan konsumen untuk membeli ulang di Toko Mitra Supermarket Kartasura Sukoharjo.

Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah: karena dimensi harga merupakan dimensi yang paling dominan yang berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dalam keinginan konsumen untuk membeli ulang, maka disarankan bagi manajemen Toko Mitra Kartasura sebaiknya tetap mempertahankan penawaran terhadap harga yang sudah ada dari Toko Mitra Kartasura dalam artian tingkat harga yang lebih murah dibandingkan supermarket-supermarket lainnya dengan tidak mengesampingkan kualitas barang yang dijual.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs.Dwi Hastjarja,KB,MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis