Penulis Utama : Eka Ratna Edy Susilowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Prosedur dan peranan forwarding dalam ekspor via udara pada PT. Speed Pracaya Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Ekonomi - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian NIM.F3103061
Subyek : EKSPOR
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui peranan Freight Forwarder sebagai wakil eksportir dalam memperoleh gambaran lebih mendalam mengenai prosedur juga dokumen yang diperlukan dalam pelaksanaan ekspor melalui udara. Dan penelitian dilakukan di PT. Speed Pracaya Indonesia yang merupakan salah satu dari sekian perusahaan yang bergerak di bidang Forwading.

Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu mengambil satu objek tertentu untuk di analisa secara mendalam dengan memfokuskan pada satu masalah. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer yang dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan pihak PT. Speed Pracaya Indonesia, sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai sumber.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peranan PT. Speed Pracaya Indonesia sebagai Freight Forwarder dalam pelaksanakan ekspor melalui udara adalah sebagai wakil eksportir dan dapat bertindak sebagai pemilik barang ekspor, membantu pengurusan dokumen ekspor, sehingga memudahkan para eksportir dalam melaksanakan ekspor. Dokumen yang diperlukan untuk ekspor lewat udara yaitu : Packing List, Invoice, Shipping Instruction, Air Way Bill, Master Air Way Bill, PEB, dan COO. Kemudian prosedur ekspor via udara sebagai berikut : eksportir meminta penanganan PT. Speed Pracaya Indonesia setelah barang siap untuk diekspor, setelah menerima informasi dari eksportir, PT. Speed Pracaya Indonesia membuat Shipping Instruction ditujukan ke Air Line untuk boking space pesawat sebelum barang dikirim diberi label dan bersamaan dengan itu barang dilampiri dokumen-dokumen. EMKU membuat PEB dan disahkan oleh Bea Cukai, maka barang boleh diberangkatkan dengan dilampiri dokumen.

Saran yang dapat diajukan pada PT. Speed Pracaya Indonesia adalah untuk selalu meningkatkan mutu pelayanan jasanya dan ketelitian didalam pelaksanaan prosedur ekspor melalui udara.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Riwi Sumantyo, SE. ME
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis