Penulis Utama : Deky Suranto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Padepokan Seni Djayabhinangun (studi deskriptif kualitatif tentang peranan Padepokan Seni Djayabhinangun dalam usaha melestarikan seni tradisional di Dusun Jabungan, Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP NIM.D0398019
Subyek : SENI TRADISIONAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini membahas tentang peranan padepokan seni dalam usaha melestarikan seni tradisional. Sejalan dengan penelitian ini, maka Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di padepokan seni Djayabhinangun, Dusun Jabungan, Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo. Keistimewaan komunitas padepokan seni Djayabhinagun sebagai obyek kajian karena anggota padepokan yang sebagian besar adalah petani melakukan kegiatan seni tidak hanya untuk meletarikan seni tradisional melainkan juga sebagai usaha meningkatkan pendapatan, dan srana interaksi sosial mereka.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan perincianPengurus Padepokan, Anggota Padepokan dan Warga Desa sekitar Padepokan. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi.

Peranan padepokan seni Djayabhinangun dalam usaha pelestarian seni tradisional dapat diketahui dengan menggunakan teori Interaksi simbolik, yang difokuskan pada pemaknaan kesenian dalam hidup keseharian pengurus, anggota padepokan dan warga desa yang terlihat dari kegiatan mereka sehari-hari. Interaksi pemaknaan kesenian ini lebih jauh memunculkan peranan dari masing-masing komponen padepokan. Teori mengenai peranan yang diambil dari penjelasan David Berry mengkaitkan antara konsep hak yaitu harapan dari individu terhadap masyarakatnya, serta konsep kewajiban yakni harapan masyarakat terhadap individu sehubungan dengan status yang dipegangnya di dalam masyarakat tersebut. David Berry menuturkan bahwa peranan ada yang muncul karena diberikan oleh masyarakat. Peranan dilihat sebagai bagian dari struktur masyarakat dan peranan merupakan pola-pola penyusun dari struktur masyarakat. Namun ada pula peranan yang dimainkan seseorang karena persepsi individualistiknya menyesuaikan dengan harapan-harapan dari kelompok referensinya. Jadi individu memainkan peranan karena menganggap bahwa tingkah lakunya sesuai dengan apa yang diharapkan kelompoknya, sebagai generalized others.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari interaksi simbol dalam kegiatan seni memunculkan peranan Padepokan Djayabhinangun yang di lihat dari tindakan-tindakan komponen padepokan, yaitu pengurus dan anggota padepokan juga warga desa.. Seni Tradisional tidak hanya menjadi seni budaya yang harus dilestarikan, namun juga menjadi media pembelajaran bagi generasi penerus, usaha meningkatkan pendapat masyarakat dan usaha untuk mengurangi penyakit sosial. Sedangkan bila kegiatan seni ini dapat ditindaklanjuti secara lebih optimal maka dapat pula mewujudkan desa Dukuh sebagai desa wisata.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. R. B. Soemanto, MA
2. Dra. Trisni Utami, MSi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP