Penulis Utama : Nur Fatkhur Rakhman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh antara anggaran partisipatif dan kinerja manajerial dengan structur organisasi sebagai variabel moderating dan job relevan information sebagai variabel intervening
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1301104-2004
Subyek : MANAJEMEN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini mempunyai tujuan (1) untuk menilai apakah anggaran partisipatif berpengaruh terhadap kinerja manajerial, (2) menilai apakah anggaran partisipatif akan berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial pada struktur desentralisasi, dan berpengaruh negatif pada struktur sentralisasi, (3) untuk menilai apakah anggaran partisipatif akan berpengaruh terhadap kinerja manajerial melalui job relevant information sebagai variabel intervening, penelitian ini menggunakan data primer berdasarkan jawaban responden yang terdapat pada kuesioner dengan responden para manajer perusahaan manufaktur menengah dan besar di wilayah eks Karisidenan Surakarta. Pengambilan sampel responden diperoleh sebanyak 80 responden dengan menggunakan random sampling.

Hasil Pengujian menunjukkan bahwa uji instrumen kuesioner menyatakan bahwa keseluruhan item pertanyaan valid dan reliabel. Berdasarkan uji parsial diketahui bahwa semua variabel menunukkan adanya pengaruh yang nyata terhadap kinerja manajerial pada perusahaan manufaktur menengah dan besar di eks Karisidenan Surakarta. Dengan pengujian secara serempak bahwa partisipasi anggaran, struktur organisasi dan interaksi partisipasi anggaran dan struktur organisasi berpengaruh secara bersama-sama terhadap kinerja manajerial pada perusahaan manufaktur menengah dan besar.

Hipotesis pertama (H1) yang menguji apakah partisipasi yang tinggi dalam penyusunan anggaran akan meningkatkan kinerja manajerial yaitu terbukti atau diterima. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi pada variabel partisipasi penyusunan anggaran adalah sebesar 0,153, yang berarti bahwa semakin tinggi partisipasi penyusunan anggaran maka akan meningkatkan kinerja manajerial. Hipoteisis kedua (H2) yang menyatakan bahwa anggaran partisipatif akan mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja manajerial pada struktur desentralisasi, dan mempunyai pengaruh negatif pada struktur sentralisasi. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa nilai koefisien regresi pada variabel partisipasi penyusunan anggaran adalah positif sehingga dapat disimpulkan bahwa perusahaan manufaktur menengah dan besar di Eks Karisidenan Surakarta mempunyai bentuk struktur organisasi desentralisasi. Hipotesis ketiga (H3) menguji apakah kuatnya pengaruh dari partisipasi terhadap kinerja, karena adanya pengaruh tidak langsung dari job relevant information. Hipotesis tersebut diterima, hal ini ditunjukkan pada hubungan antara partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial melalui Job relevan information lebih kuat dibandingkan hubungan secara langsung antara partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis