Penulis Utama : Anita Dyah Ayu P.S
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Peran bank dalam perjanjian garansi bank sebagai surety yang menjamin principal dalam pengadaan barang dan atau jasa kepada obligee . (studi kasus di Bank Negara Indonesia Cabang Sebelas Maret Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM.E0002077
Subyek : BANK DAN PERBANKAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Bank Negara Indonesia Cabang Sebelas Maret Surakarta dalam perjanjian Garansi Bank sebagai surety yang menjamin principal dalam pengadaan barang dan atau jasa kepada obligee. Penelitian ini membahas mengenai Bagaimana hubungan hukum para pihak yang terlibat dalam Perjanjian Garansi Bank, Bagaimana peran Bank Negara Indonesia Cabang Sebelas Maret Surakarta dalam perjanjian Garansi Bank, serta Upaya hukum apa yang dilakukan oleh Bank Negara Indonesia Cabang Sebelas Maret Surakarta apabila terjamin wanprestasi. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi penulis untuk menambah pengetahuan tentang Hukum Perbankan dan Hukum Surat Berharga serta memberikan masukan dan bahan informasi pada pihak-pihak terkait dalam bidang perbankan.

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan apabila dilihat dari tujuannya termasuk penelitian hukum empiris. Lokasi penelitian di Bank Negara Indonesia Cabang Sebelas Maret Surakarta. Jenis Data yang dipergunakan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan, yaitu melalui observasi, wawancara, dan penelitian kepustakaan baik berupa buku-buku, peraturan perundang-undangan, dokumen-dokumen, dan sebagainya. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan model analisis interaktif.

x

xi

Berdasarka penelitian ini diperoleh hasil bahwa hubungan hukum para pihak yang terlibat pada perjanjian Garansi Bank tersebut pihak penjamin akan membayar klaim yang diajukan oleh pihak penerima jaminan apabila pihak terjamin wanprestasi dan selanjutnya pihak penjamin akan mencairkan kontra Garansi Bank dari pihak terjamin. Peran yang dilakukan oleh Bank Negara Indonesia Cabang Sebelas Maret Surakarta dalam perjanjian Garansi Bank adalah melakukan pengawasan secara kualitatif, yaitu pengawasan yang dilakukan atas diri terjamin itu harus benar dan setepat mungkin dan pengawasan secara kuantitatif, yaitu pengawasan yang dilakukan secara terus menerus. Upaya hukum yang dilakukan oleh Bank Negara Indonesia Cabang Sebelas Maret Surakarta adalah apabila pihak terjamin melakukan wanprestasi, maka akan menimbulkan kewajiban membayar bagi pihak bank. Selanjutnya, pihak bank akan memperingatkan pihak terjamin dengan memberikan surat peringatan (somatie). Apabila tidak ada tanggapan dari pihak terjamin, maka pihak bank dapat melimpahkan perkara tersebut kepada Pengadilan Negeri.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. H e r n a w a n H a d i, S.H., MHum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum