Penulis Utama : Sri Suparni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Analisis pengaruh ekuitas merek terhadap preferensi merek dan intensi pembelian (studi pada Hotel Galuh Prambanan dan Hotel Prambanan Indah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0202109
Subyek : MEREK DAGANG
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan utama penelitian ini adalah membuktikan pengaruh ekuitas merek terhadap preferensi merek dan intensi pembelian. Untuk itu dibandingkan dua merek hotel yang mempunyai besar anggaran promosi/periklanan selama lima tahun terakhir yang berbeda secara signifikan. Dengan mengasumsikan bahwa pembentukan ekuitas merek sebagian besar berasal dari pengaruh iklan, maka penelitian ini bertujuan membuktikan bahwa jumlah total anggaran iklan yang lebih besar akan menghasilkan ekuitas merek yang lebih besar, yang pada akhirnya akan menimbulkan preferensi merek dan intensi pembelian yang lebih besar.

Berdasarkan tujuan diatas, penulis mengajukan enam hipotesis yaitu : hotel dengan atribut yang hampir sama namun dengan anggaran iklan yang lebih besar akan menghasilkan tingkat kesadaran merek yang lebih tinggi, hotel dengan atribut yang hampir sama namun dengan anggaran iklan yang lebih besar akan menghasilkan tingkat asosiasi merek yang lebih tinggi, hotel dengan atribut yang hampir sama namun dengan anggaran iklan yang lebih besar akan menghasilkan tingkat persepsi kualitas yang lebih tinggi, hotel dengan atribut yang hampir sama namun dengan anggaran iklan yang lebih besar akan menghasilkan tingkat loyalitas merek yang lebih tinggi, ekuitas merek yang lebih tinggi akan berpengaruh signifikan terhadap preferensi merek, dan ekuitas merek yang lebih tinggi akan berpengaruh signifikan terhadap intensi pembelian.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey melalui penyebaran kuesioner. Populasi penelitiannya adalah seluruh tamu hotel yang sedang atau pernah mengunjungi Hotel Galuh Prambanan dan Hotel Prambanan Indah. Sampel yang digunakan sebanyak 75 orang untuk masing-masing hotel. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive & convenience sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, kemudian dipilih atau diambil responden yang paling mudah ditemui.

Untuk menjawab empat hipotesis pertama digunakan uji hipotesis beda dua mean dengan menggunakan uji t berpasangan. Uji ini digunakan untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan terhadap elemen-elemen ekuitas merek antara hotel dengan anggaran iklan yang lebih besar dan hotel dengan anggaran iklan yang lebih kecil. Untuk mengetahui signifikansi pengaruh ekuitas merek terhadap preferensi merek dan intensi pembelian pada hotel yang memiliki ekuitas merek lebih tinggi digunakan analisis regresi berganda.

Hasil analisis uji beda dua mean (uji t berpasangan) menunjukkan bahwa variabel kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek yang merupakan elemen-elemen dari ekuitas merek mempunyai perbedaan yang signifikan antara hotel dengan anggaran iklan lebih besar (Hotel Galuh) dan hotel dengan anggaran iklan lebih kecil (Hotel Prambanan Indah). Ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas variabel-variabel elemen ekuitas merek (kecuali persepsi kualitas) yang lebih kecil dari angka Sig.t 0,05 yaitu kesadaran merek (0,000), asosiasi merek (0,004) dan loyalitas merek (0,000). Hal ini membuktikan bahwa besarnya jumlah anggaran untuk promosi/periklanan yang dikeluarkan oleh Hotel Galuh mampu meningkatkan kesadaran merek, asosiasi merek, dan loyalitas merek. Namun dengan menggunakan uji yang sama tingkatan persepsi kualitas baik pada hotel yang mengeluarkan anggaran iklan lebih besar (Hotel Galuh) maupun hotel yang mengeluarkan anggaran iklan lebih kecil (Hotel Prambanan Indah) tidak menampakkan perbedaan yang signifikan yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas persepsi kualitas (0,106) yang lebih besar dari angka Sig.t 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa besarnya anggaran iklan yang dikeluarkan oleh Hotel Galuh tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan persepsi kualitas. Dari keempat indikator pembeda ekuitas merek antara Hotel Galuh dan Hotel Prambanan Indah, kesadaran merek merupakan variabel yang mempunyai perbedaan paling besar. Hal ini ditunjukkan dari nilai t hitung masing-masing variabel dan memilih yang terbesar diantaranya, yaitu kesadaran merek (5,496), asosiasi merek (2,940), persepsi kualitas (1,635) dan loyalitas merek (3,771).

Hasil analisis regresi untuk variabel dependen preferensi merek diperoleh persamaan sebagai berikut :

YPM = 2,447 + 3,319 D – 0,189 X1 + 0,103 X2 – 0,064 X3 + 0,142 X4

dengan nilai Adj R.Square sebesar 0,638 dan nilai F hitung sebesar 27,088. Hal ini menunjukkan bahwa variabel brand name, kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap preferensi merek. Nilai t hitung masing-masing variabel independen berturut-turut brand name (9,003), kesadaran merek (-3,614), asosiasi merek (2,961), persepsi kualitas (-2,049) dan loyalitas merek (2,997). Jadi variabel brand name mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap preferensi merek.

Hasil analisis regresi untuk variabel dependen intensi pembelian diperoleh persamaan sebagai berikut :

YIP = 2,583 – 0,154 X1 + 0,086 X2 + 0,071 X3 + 0,181 X4

dengan nilai Adj R.Square sebesar 0,577 dan nilai F hitung sebesar 26,228. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap intensi pembelian. Nilai t hitung masing-masing variabel ekuitas merek berturut-turut kesadaran merek (-2,711), asosiasi merek (2,273), persepsi kualitas (2,094) dan loyalitas merek (3,510). Jadi variabel loyalitas merek mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap intensi pembelian.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Joko Suyono, S.E., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis