Penulis Utama : Yulia Endah Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F.0202130
Tahun : 2006
Judul : Keterkaitan antara kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi karyawan (studi kasus pada PT Sarasa Nugraha Tbk.)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : xii, 90 hal.: ilus., tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0202130
Subyek : KEPEMIMPINAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Efektivitas organisasi dapat terjadi pada lingkungan yang kondusif, yang antara lain dipengaruhi oleh hubungan pimpinan dan bawahan yang saling mendukung. Oleh karena pentingnya peran dan fungsi kepemimpinan dalam mempengaruhi bawahan, maka penelitian tentang kepemimpinan menjadi salah satu isu sentral dalam studi organisasi.

Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah : pertama, Apakah terdapat pengaruh antara kepemimpinan transformasional terhadap motivasi kerja, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi pada karyawan PT SARASA NUGRAHA Tbk; kedua, Apakah terdapat pengaruh antara motivasi kerja terhadap kepuasan kerja pada karyawan PT SARASA NUGRAHA Tbk; ketiga, Apakah terdapat pengaruh antara kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi pada karyawan PT SARASA NUGRAHA Tbk.

Penelitian ini mengambil populasi pada PT SARASA NUGRAHA Tbk dengan jumlah sampel penelitian sejumlah 120. Kuesioner yang dibagikan berjumlah 130 dan jumlah kuesioner yang dikembalikan 126 dengan responden rate 96,9%. Kuesioner yang tidak dapat diproses lebih lanjut karena data tidak lengkap ada 4 kuesioner.

Dari hasil analisis data dan pengujian hipotesis dengan menggunakan SEM, ditemukan bahwa hipotesis 1 yang menyatakan kepemimpinan transformasional berpengaruh secara positif terhadap motivasi kerja didukung dalam penelitian ini (C. r sebesar 3,078 signifikan pada p< 0.05). Kemudian hipotesis 2 yang menyatakan kepemimpinan transformasional berpengaruh secara positif terhadap kepuasan kerja juga didukung dalam penelitian ini (C. r sebesar 2,286 signifikan pada p< 0.05). Hipotesis 3 yang menyatakan kepemimpinan transformasional berpengaruh secara positif terhadap komitmen organisasi didukung dalam penelitian ini (C. r sebesar 2,092 signifikan pada p< 0.05). Hipotesis 4 yang menyatakan motivasi kerja berpengaruh secara positif terhadap kepuasan kerja didukung dalam penelitian ini (C. r sebesar 4,005 signifikan pada p< 0.05). Sedangkan hipotesis 5 yang menyatakan kepuasan kerja berpengaruh secara positif terhadap komitmen organisasi juga didukung dalam penelitian ini (C. r sebesar 3,367 signifikan pada p< 0.05).

Pada akhir penulisan ini, penulis ingin memberikan masukan kepada pihak PT SARASA NUGRAHA Tbk dalam upaya meningkatkan efektivitas organisasi perlu mengoptimalkan kepemimpinan transformasional sehingga karyawan memiliki motivasi kerja, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi yang tinggi.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
yulia.pdf
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Asri Laksmi Riani, MS
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis