Penulis Utama : Herwiyati Satiti Puspita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pelaksanaan manajemen sumber daya manusia di hotel Kusuma Kartika sari Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3201054-2004
Subyek : MANAJEMEN PERSONALIA
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dalam bisnis hospitaliti seperti perhotelan, dianggap terbaik jika dapat membuat tamu dan pelanggannya merasa diperhatikan, kebutuhan dan keinginannya dipenuhi. Untuk itu suatu hotel harus memiliki sumber daya manusia yang terampil, profesional dan memberikan pelayanan kepada tamu yang menginap dan berkunjung ke hotel. Untuk memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas maka diperlukan adanya manajemen sumber daya manusia.

Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara jelas mengenai pelaksanaan manajemen sumber daya manusia di Hotel Kusuma Kartikasari Surakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi dan interview sedangkan teknik penganalisaannya menggunakan analisis deskriptif dan tabel distribusi frekuensi.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh mengenai pelaksanaan manajemen sumber daya manusia di Hotel Kusuma Kartikasari Surakarta adalah penerimaan pegawai yang dilakukan berdasarkan formasi lowongan yang ada dan sesuai jabatan yang dibutuhkan sesuai persyaratan yang ditetapkan. Setelah memenuhi persyaratan maka calaon pegawai harus menjalani masa percobaan selama 3 bulan dan masa pemantapan selama 3 bulan. Karyawan wajib melaksanakan peraturan yang telah ditetapkan, tetapi masih ada tata tertib yang belum dilaksanakan dan tidak mendapat perhatian dari pihak hotel. Guna menjaga standart ketertiban bekerja dan lingkungan perusahaan maka teguran dan peringatan akan diberikan kepada karyawan yang melanggar peraturan dan ketentuan perusahaan. Ada tiga kategori pelanggaran yang ditetapkan yaitu pelanggaran ringan (teguran), pelanggaran besar (peringatan I dan terakhir) dan pelanggaran berat (peringatan II – pemecatan). Dari ketiga kategori tersebut hanya pelanggaran ringan saja yang kurang dihiraukan. Untuk mengetahui kinerja karyawan, bagian personalia mengadakan kondite karyawan yang mencatat kedisiplinan karyawan mengenai ketepatan waktu datang dan pulang, kehadiran karyawan dan ketaatan terhadap tata tertib. Hal ini akan mempengaruhi pemindahan kerja, promosi dan demosi karyawan. Pengupahan karyawan didasarkan pada penilaian suatu pekerjaan, setiap karyawan mendapatkan upah pokok dan service charge. Karyawan juga berhak mendapat upah lembur, upah waktu sakit dan upah diwaktu skorsing. Pemberian kompensasi ini sudah sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Pemberhentian kerja yang dilaksanakan di Hotel Kusuma Kartikasari Surakarta berpedoman pada undang-undang yang berlaku dalam ketentuan jenis atau macam caranya adalah karena diputuskan pihak pekerja, diputuskan oleh pihak perusahaan dan putus secara hukum. Sebagian besar pemberhentian kerja di Hotel Kusuma Kartikasari karena diputuskan pihak pekerja sendiri. Pemberhentian kerja yang diputuskan oleh pihak perusahaan dan putus secara hukum belum pernah dilakukan.

Dengan demikian maka kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan manajemen sumber daya manusia di Hotel Kusuma Karttikasari Surakarta belum sesuai dengan tujuan yang diharapakan oleh perusahaan. Oleh sebab itu akan lebih baik lagi bila Hotel Kusuma Kartikasari Surakarta perlu mengevaluasi kembali pelaksanaan manajemen sumber daya manusia agar mencapai tujuan yang diharapkan dalam rangka memperoleh kualitas sumber daya manusia yang lebih baik.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis