Penulis Utama : Ninin Oktania
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Pengaruh extrinsic cues (harga, citra merek, citra toko, dan country of origin) terhadap perceived quality, perceived sacrifice, dan perceived value
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : xii, 82 hal.: ilus., tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0202089
Subyek : PERCEIVED VALUE
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Setiap orang mempunyai persepsi berbeda-beda akan produk dan jasa. Persepsi dipengaruhi berbagai hal yang ditangkap indera manusia melalui penampilan fisik produk secara ekstrinsik (dari luar). Persepsi tersebut akan mempengaruhi stimulus konsumen untuk melakukan pembelian. Penelitian ini penelitian kausal dengan desain eksperimen yang menggunakan TV sebagai obyek dengan pemahaman harga, citra merek, citra toko,dan country of origin. Penelitian yang mengambil sampel mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta ini menguji pengaruh harga terhadap perceived quality dan perceived sacrifice. Selain itu, apakah citra merek, citra toko, country of origin berpengaruh terhadap perceived quality. Penelitian ini juga menguji pengaruh perceived quality dan perceived sacrifice terhadap perceived value. Metode analisis penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara harga dengan perceived quality. Konsumen tidak merasa bahwa harga tinggi menjamin kualitas yang baik. Sedangkan pengaruh harga dengan perceived sacrifice, didapatkan hasil bahwa ada pengaruh positif harga dengan perceived sacrifice. Makin tinggi harga maka makin besar pengorbanan yang dipersepsikan dalam memperoleh barang tersebut. Hasil penelitian juga didapatkan bahwa ada pengaruh positif antara citra merek dengan perceived sacrifice. Merek yang memiliki citra kuat dalam benak konsumen akan memiliki kualitas yang bagus pula. Pengaruh citra toko dengan perceived quality didapatkan hasil bahwa tidak ada pengaruh antara citra toko dengan perceived quality. Citra toko tidak dapat dijadikan sebagai indikator kualitas. Hasil penelitian juga menunjukkan country of origin berpengaruh terhadap perceived quality. Konsumen menggunakan country of origin sebagai indikator kualitas. Produk berasal dari negara dengan image bagus biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus dibanding produk lainnya.

Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara perceived quality dengan perceived value. Sedangkan pengaruh antara perceived sacrifice dengan perceived value menunjukkan pengaruh yang negatif. Makin tinggi pengorbanan yang dipersepsikan maka makin rendah persepsi atas nilai dari produk tersebut.

Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa meningkatnya persepsi atas kualitas produk dan rendahnya pengorbanan konsumen dalam mendapatkan produk maka akan meningkatkan nilai atas produk tersebut.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Dwi Harstjarja KB, MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis