Penulis Utama : Madya Saptono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis penentuan waktu standard produksi dalam kaitannya dengan perencanaan dan pengawasan produksi PT. Air Mancur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3501049-2004
Subyek : MANAJEMEN PRODUKSI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Lamanya waktu penyelesaian produksi akan mempengaruhi proses kegiatan selanjutnya sehingga ketepatan waktu penyelesaian menjadi salah satu masalah utama perusahaan dalam berproduksi. Agar proses produksi dapat selesai tepat waktu maka perlu disusun perencanaan serta pengawasan agar dalam pelaksanaan tidak keluar dari waktu yang telah ditentukan.

            Tujuan analisis ini adalah untuk mengetahui waktu paling efisien dalam menyelesaikan satu kali proses produksi Jamu Serbuk Pegal Linu kemudian membandingkan dengan waktu yang telah direncanakan oleh PT. Air Mancur serta mengukur kemampuan perusahaan dalam menyelesaikan proses produksinya.

            Untuk mengetahui permasalahan diatas penelitian dilakukan dengan menggunakan metode studi waktu (digunakan juga oleh PT. Air Mancur), metode PERT dan variasi standard normal.

            Hasil yang diperoleh dari analisis studi waktu bahwa untuk menyelesaikan produksi Jamu Serbuk Pegal Linu diperlukan waktu 17,49 jam sehingga diperoleh efisiensi waktu 0,76 jam dari waktu yang direncanakan yaitu 18,25 jam. Dengan metode PERT diperlukan waktu selama 17,03 jam dan diperoleh efisiensi waktu sebesar 1,22 jam. Kemungkinan perusahaan dalam menyelesaikan proses produksi sebesar 98,03%.

            Dari hasil yang telah diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa waktu penyelesaian produksi paling efisien dapat dicapai dengan menggunakan metode PERT dan kemampuan perusahaan dalam menyelesaikan proses produksi dapat dikatakan baik.

            Penulis memberikan saran kepada PT. Air Mancur untuk mengubah rencana waktu standard produksi dari 18,25 menjadi 17,03 jam. Melakukan pengawasan pada tiap unit kerja/departemen kritis serta pemberian penghargaan kepada karyawan yang dianggap berprestasi juga dapat menambah motivasi kerja karyawan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Joko Suyono, SE, Msi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis