Penulis Utama : Ekki Arnita Hapsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Analisis pengaruh faktor-faktor persepsi pada adopsi teknologi sistem akademik terkomputerisasi [studi kasus penggunaan student self access terminal (ssat) di Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta]
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : xi, 62 hal.: ilus., lamp., tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.FF0202047
Subyek : ADOPSI TEKNOLOGI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Perkembangan teknologi dewasa ini telah mencapai tingkat yang sangat mengagumkan. Jarak dan waktu, bukan lagi menjadi masalah karena adanya bantuan dari teknologi yang ada. Perguruan Tinggi sebagai salah satu organisasi jasa yang bergerak dibidang ilmu pendidikan perlu meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada mahasiswa. Pelayanan yang berkualitas seperti yang diinginkan mahasiswa sangat penting untuk mendukung keberhasilan pendidikan. Penggunaan teknologi diperlukan sebagai pendukung menuju ke arah terwujudnya kemandirian mahasiswa dalam menentukan keputusan akademiknya.

Fakultas Ekonomi merupakan salah satu fakultas dilingkungan Universitas Sebelas Maret Surakarta yang telah memanfaatkan teknologi informasi untuk menujang kegiatan akademiknya. Student Self Access Terminal (SSAT) disediakan dengan tujuan untuk membantu mahasiswa dalam mengakses informasi akademik dan menentukan keputusan akademiknya secara mandiri. Melalui SSAT mahasiswa dapat memperoleh informasi akademik yang dibutuhkan sehingga dapat menentukan mata kuliah yang akan diambil pada setiap semester sesuai dengan kemampuan dan minatnya.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor persepsi pada adopsi teknologi sistem akademik terkomputerisasi [studi kasus penggunaan Student Self Access Terminal (SSAT)]. Penelitian ini merupakan penelitian konklusif dengan menguji hubungan sebab akibat antar variabel yang meliputi persepsi kemudahan, kemanfaatan, risiko, kenyamanan, keamanan dan kerahasiaan, perhatian untuk menggunakan serta penggunaan teknologi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perhatian untuk menggunakan, persepsi kemanfaatan berpengaruh terhadap perhatian untuk menggunakan, persepsi risiko berpengaruh terhadap perhatian untuk menggunakan, persepsi kenyamanan berpengaruh terhadap perhatian untuk menggunakan, keamanan dan kerahasiaan berpengaruh terhadap perhatian untuk menggunakan, dan apakah perhatian untuk menggunakan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap penggunaan teknologi SSAT.

Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa DIII dan S1 Fakultas Ekonomi UNS dengan jumlah 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji validitas dengan menggunakan analisis faktor, uji reliabilitas, analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan bantuan program SPSS 13.0 for windows. Hasil analisis data menunjukan persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perhatian untuk menggunakan, persepsi kemanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perhatian untuk menggunakan, persepsi risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perhatian untuk menggunakan, persepsi kenyamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perhatian untuk menggunakan, keamanan dan kerahasiaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perhatian untuk menggunakan, dan perhatian untuk menggunakan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap penggunaan teknologi.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Ahmad Ikhwan Setiawan, SE, MT
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis