Penulis Utama : Dian Widyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Analisis pengaruh kompetensi kecerdasan emosional pada kenyamanan supervisor dalam melakukan penilaian kinerja dengan persepsi sistem penilaian kinerja sebagai variabel moderator (studi pada PT. BNI se Karesidenan Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : xvii, 111 hal.: ilus., lamp., tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0202044
Subyek : EMOSI, KECERDASAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penilaian kinerja memiliki peran penting dalam manajemen sumber daya manusia. Hasil penilaian supervisor terhadap kinerja bawahan menggambarkan keputusan penting yang memberikan pengaruh kuat dalam kegiatan sumber daya manusia dan hasilnya. Namun, penilaian kinerja merupakan proses yang sangat emosional, dengan masalah utama adalah keterlibatan emosi supervisor dalam pelaksanaannya. Sebagian besar supervisor merasakan ketidaknyamanan dengan proses penilaian kinerja, terutama saat pemberian feedback kinerja. Keterlibatan emosi supervisor menimbulkan kelemahan pelaksanaan penilaian kinerja. Hal itulah yang mendorong perlu diberikannya program pelatihan mengenai manajemen emosi bagi para supervisor dan dukungan dari pihak manajemen.

Salah satu cara manajemen emosi yang diajukan dalam penelitian ini adalah dengan memiliki kecerdasan emosi, yang memiliki hubungan dengan konsep-konsep kompetensi yang berhubungan dengan pekerjaan. Tiga kompetensi utama dalam kecerdasan emosi adalah kesadaran diri, kegembiraan emosional, dan motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kompetensi kecerdasan emosi dengan tingkat kenyamanan supervisor dalam melakukan proses penilaian kinerja. Selain itu penelitian ini juga memasukkan sebuah variabel moderator yang mencirikan suasana penilaian kinerja yaitu dukungan manajemen, yang berupa sistem penilaian kinerja. Sistem penilaian kinerja yang efektif akan mempermudah tugas supervisor dalam melakukan penilaian kinerja, sehingga mampu mengurangi kendala emosional akibat harus berhadapan dengan atmosfir penilaian yang mungkin menimbulkan konflik dengan bawahan.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada supervisor BNI se karesidenan Surakarta. Dari 54 kuesioner yang dibagikan hanya 51 yang valid untuk dapat dianalisa.

Hasil dari analisis hirarki regresi menunjukkan : (1) Kesadaran diri, kegembiraan emosi dan motivasi berhubungan signifikan pada kenyamanan supervisor dalam melakukan penilaian kinerja, (2) efek moderasi (interaksi) sistem penilaian kinerja berhubungan positif pada hubungan antara kompetensi kecerdasan emosi (kesadaran diri, kegembiraan emosional, motivasi) dan kenyamanan supervisor dalam melakukan penilaian kinerja.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Asri Laksmi Riani, MS
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis