Penulis Utama : Endah Kurniasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Pengaruh pertukaran pemimpin anggota pada komitmen organisasi dengan kepuasan kerja sebagai pemediasi (studi kasus pada PT Sarasa Nugraha Tbk.)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : xv, 78 hal.: ilus., tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0202051
Subyek : KEPUASAN KERJA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pertama , apakah pertukaran pemimpin anggota mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan kerja ; kedua , apakah kepuasan kerja mempunyai pengaruh yang positif terhadap komitmen organisasi ; dan yang ketiga , apakah pertukaran pemimpin anggota mempunyai pengaruh yang positif terhadap komitmen organisasi dengan dimediasi oleh kepuasan kerja. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, maka diajukan hipotesis sebagai berikut:

1. Pertukaran pemimpin anggota mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan kerja.

2. Kepuasan kerja mempunyai pengaruh yang positif terhadap komitmen organisasi.

3. Kepuasan kerja memediasi pengaruh pertukaran pemimpin angota terhadap komitmen organisasi.

Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT SARASA NUGRAHA Tbk. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional sampling, yaitu banyaknya pengambilan sampel proporsional dengan jumlah elemen setiap unit pemilihan sampel. Kemudian dari unit pemilihan sampel tersebut dipilih secara acak (Kuncoro, 2003:115). Dari 130 kuesioner yang tersebar, diperoleh pengembalian sebanyak 126 kuesioner. Hampir seluruh kuesioner dikembalikan , hal ini karena ada bagian khusus dari perusahaan yang bertanggungjawab penuh terhadap jalannya penelitian termasuk pembagian kuesioner. Dari jumlah kuesioner yang kembali tersebut sebanyak 120 kuesioner yang dianalisis.

Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis path dengan menggunakn regresi linier sederhana dan regresi lilier berganda.

Dari hasil analisis path dengan menggunakan uji regresi linier sederhana dan regresi linier berganda diperoleh kesimpulan , pertama : pertukaran pemimpin anggota mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan kerja ( t hitung = 10,389 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 ). Hal ini menyatakan bahwa hipotesis 1 yang menyatakan Pertukaran pemimpin anggota (LMX) mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan kerja pada karyawan PT SARASA NUGRAHA Tbk didukung dalam penelitian ini ; kedua : kepuasan kerja mempunyai pengaruh yang positif terhadap komitmen organisasi ( t hitung = 10,120 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000) sehingga hipotesis kedua didukung dalam penelitian ini ; ketiga : pengaruh pertukaran pemimpin anggota pada komitmen organisasi akan semakin besar jika dimediasi oleh kepuasan kerja (nilai standardized beta untuk pertukaran pemimpin anggota /LMX (beta = 0,195; sig = 0,035 ) dan kepuasan kerja ( beta = 0,547 ; Sig = 0,000)). Hal ini menyatakan bahwa hipotesis ketiga disukung dalam penelitian ini.

Berdasarkan hasil diatas, maka penulis mengajukan beberapa saran. Pertama : Variabel pertukaran pemimpin anggota (LMX) dalam penelitian ini berpengaruh secara positif dan signifikan, oleh karena itu para pemimpin sebaiknya bisa mempertahankan/meningkatkan kualitas hubungan dengan bawahan agar dapat meningkatkan kepuasan kerja ; kedua : karena kepuasan kerja sangat berkaitan erat dengan komitmen organisasi maka sebaiknya perusahaan dapat meningkatkan kepuasan kerja para karyawannya sehingga dapat menurunkan keluhan-keluhan yang dapat meningkatkan komitmen organisasi, menurnkan tingkat absensi, menurunkan tingkat kemangikan dan turn over karyawan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis