Penulis Utama : Agung Priyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Evaluasi sistem pengendalian intern penerimaan dan pengeluaran kas pada BPR Kleco Joyo Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : xiii, 95 hal.: ilus., lamp., tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3303123
Subyek : BANK DAN PERBANKAN, EVALUASI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

BPR Kleco Joyo memiliki kegiatan menerima simpanan pihak ketiga yang berupa tabungan dan deposito berjangka. Kegiatan tersebut memunculkan transaksi penerimaan dan pengeluaran kas. Kegiatan tersebut memerlukan suatu pengawasan untuk mengamankan kas. Hal ini disebabkan sifat kas yang mudah dipindahtangankan dan mudah digelapkan. Sistem pengamanan yang diperlukan adalah sistem pengendalian intern.

Masalah yang hendak dijawab dalam penelitian dan penulisan tugas akhir ini adalah bagaimana sitem pengendalian intern penerimaan dan pengeluaran kas yang dimiliki BPR Kleco Joyo Sukoharjo. Sehubungan dengan masalah tersebut diajukan dugaan, sistem pengendalian intern penerimaan dan pengeluaran kas pada BPR Kleco Joyo dinilai baik.

Hasil evaluasi menunjukkan sudah terdapat pemisahan fungsi kasir, fungsi tabungan/ deposito dan fungsi pembukuan. Terdapat otorisasi dan prosedur yang jelas dari masing-masing kegiatan. Praktik yang sehat dinilai sudah bagus. Hal ini dapat dilihat dengan adanya total kas yang diperoleh pada satu hari saat BPR Kleco Joyo beroperasi disetor ke bank, setiap transaksi dilaksanakan dari awal sampai akhir oleh fungsi yang berbeda, secara periodik diadakan pencocokan fisik kekayaan dengan pencatatan, saldo kas yang ada di fungsi kasir dilindungi dari kemungkinan pencurian, Kasir dilengkapi dengan alat-alat yang mencegah terjadinya pencurian kas seperti almari besi, alat penghitung uang dan alat pendeteksi uang palsu.

Kelemahan yang ditemukan adalah formulir untuk mencatat jurnal debit, kredit dan jurnal antar seksi tidak bernomor urut tercetak, tidak terdapat pemeriksaan mendadak, tidak terdapat perputaran jabatan ,tidak terdapat satuan pengawas intern atau pemeriksa. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka diajukan saran-saran. formulir untuk mencatat jurnal debit atau jurnal kredit dan jurnal antar seksi dibuat bernomor urut tercetak, diadakan pemeriksaan mendadak, diadakan perputaran jabatan (job rotation), dibentuk satuan pengawas intern atau pemeriksa intern

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Sri Murni, SE, Msi, Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis