Penulis Utama : Ariyani Wahyu Wijayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Pengaruh kepemimpinan diri terhadap kinerja dengan keyakinan diri sebagai variabel pemediasi (studi pada mahasiswa S1 reguler angkatan 2003 FE UNS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : xi, 64 hal.: ilus., tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM. F0202032
Subyek : KEPEMIMPINAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepemimpinan diri terhadap kinerja yang dimediasi oleh keyakinan diri. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Reguler Angkatan 2003 FE UNS sebanyak 180 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Berdasarkan pada beberapa penelitian-penelitian terdahulu maka didapatkan rumusan masalah sebagai berikut : (1) Apakah kepemimpinan diri memiliki pengaruh langsung dan positif terhadap keyakinan diri mahasiswa, (2) Apakah keyakinan diri memiliki pengaruh langsung dan positif terhadap kinerja mahasiswa dan (3) Apakah keyakinan diri memberikan pengaruh mediasi terhadap hubungan antara kepemimpinan diri dengan kinerja mahasiswa.

Alat analisis yang digunakan untuk menguji kesesuaian model dan hipotesis yang diajukan adalah dengan menggunakan metode path analysis dengan bantuan program AMOS 4. 01. Hasil analisis menunjukkan bahwa besarnya nilai-nilai yang terdapat dalam goodness of fit adalah: Chi-Square (1,370) dengan tingkat signifikansi (0,242), CMIN/DF (1,370), GFI (0,995), AGFI (0,970), TLI (0,976), CFI (0,992) dan RMSEA (0,045). Untuk estimasi parameter, menunjukkan bahwa semua jalur yang diestimasi, yaitu (1) pengaruh kepemimpinan diri terhadap keyakinan diri, (2) pengaruh keyakinan diri terhadap kinerja, memiliki nilai C.R lebih besar dari 1,96 pada signifikansi 0,05. Sedangkan efek tidak langsung kepemimpinan diri terhadap kinerja (0,119) lebih besar jika dibandingkan dengan efek langsungnya (0,000).

Kesimpulan yang didapat adalah dari ketiga hipotesis yang diajukan ternyata semuanya didukung. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi kepemimpinan diri seseorang maka akan semakin tinggi pula keyakinan diri yang dimiliki yang nantinya akan berpengaruh pada tingginya kinerja.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang dapat diberikan agar mahasiswa memiliki kinerja yang tinggi yang tercermin dengan tingginya IPK adalah dengan upaya pengembangan kepemimpinan diri dan keyakinan diri melalui mata kuliah yang diberikan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Intan Novela QA., SE, Msi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis