Penulis Utama : Rahma Surya K
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Pengaruh harga, merek, dan informasi toko terhadap evaluasi konsumen pada produk ponsel
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : xii, 76 hal.: ilus., lamp.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0202099
Subyek : PRODUK DAGANGAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini meneliti bagaimana pengaruh external cues terhadap evaluasi produk konsumen. Persepsi seseorang dalam menilai suatu produk dipengaruhi berbagai hal yang ditangkap indera manusia melalui penampilan fisik produk. Persepsi seseorang konsumen akan berbeda jika sebelumnya telah ada pengalaman dengan produk atau jasa itu. Perusahaan selalu berupaya untuk mengetahui persepsi yang diharapkan konsumen atas harga, merek, dan citra toko produknya didalam benak konsumen. Persepsi tersebut akan mempengaruhi stimulus konsumen untuk melakukan pembelian atas produknya. Penelitian ini merupakan penelitian kausal dengan desain eksperimen yang menggunakan produk ponsel dengan pemahaman harga, merek, serta citra toko. Penelitian yang mengambil sampel mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan tekhnik convenience sampling ini akan menguji apakah ada pengaruh antara harga terhadap perceived quality dan perceived sacrifice. Selain itu, apakah merek dan citra toko juga memiliki pengaruh terhadap perceived quality, dan penelitian ini juga menguji pengaruh perceived quality dan perceived sacrifice terhadap perceived value, serta apakah perceive value berpengaruh terhadap minat membeli.

Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). SEM merupakan teknik multivariate yang mengkombinasikan aspek regresi berganda dan analisis faktor untuk mengestimasi serangkaian hubungan ketergantungan secara simultan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Program AMOS versi 4 untuk menganalisa hubungan kausalitas dalam model structural yang diusulkan.

Penelitian ini melibatkan 182 responden. Hasil penelitian ini mendukung hipotesis mengenai pengaruh yang sangat kuat antara merek terhadap perceived quality, tetapi berbeda dengan harga dan citra toko yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perceived quality. Dapat dikatakan pengaruh kedua cues tersebut sangatlah lemah karena konsumen sudah sangat percaya pada merek tertentu yang dalam penelitian ini merupakan market leader di kelasnya, selain itu sudah sangat banyak retail yang menjual ponsel dengan produk yang hampir sama sehingga mereka tidak terlalu mempermasalahkan di mana mereka akan membeli produk tersebut. Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya hubungan yang positif antara harga terhadap perceive sacrifice. Selain itu hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh positif antara perceived quality terhadap perceived value, dan pengaruh negative antara perceive sacrifice trhadap perceive value, serta adanya pengaruh yang kuat antara perceive value terhadap minat membeli.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Dwi Harstjarja KB, MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis