Penulis Utama : Nanik Indriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh karakteristik informasi akuntansi terhadap keberhasilan usaha pada hotel-hotel berbintang di wilayah Surakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0399055-2004
Subyek : SISTEM AKUNTANSI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh karakteristik informasi akuntansi terhadap keberhasilan usaha pada hotel-hotel berbintang di wilayah Surakarta dan Yogyakarta serta perbedaan karakteristik informasi akuntansi antara hotel-hotel berbintang di wilayah Surakarta dengan Yogyakarta.

Sampel dipilih dengan metode stratified random sampling dan berjumlah 40 hotel. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan tingkat pengembalian 80%. Analisis data menggunakan metode regresi berganda dan independent sample t-test.

Penelitian ini terdiri dari tiga variabel. Variabel karakteristik kuantitatif informasi akuntansi diukur berdasarkan frekuensi dan jenis laporan keuangan yang dihasilkan oleh SIA (Sistem Informasi Akuntansi) hotel selama satu tahun pembukuan. Variabel karakteristik kualitatif informasi akuntansi diukur berdasarkan aspek relevansi dan reliabilitas laporan keuangan yang mengacu pada Statement of Financial Accounting Concepts (SFAC) No. 2. Variabel keberhasilan usaha diukur dengan rasio NPM (Net Profit Margin) selama tahun 2000-2002.

Dari hasil pengujian asumsi klasik diperoleh hasil bahwa data berdistribusi normal dan tidak terdapat problem autokorelasi, multikolinearitas dan heteroskedastisitas sehingga pengujian dapat dilakukan dengan uji parametrik.

Sebelum analisis data, dilakukan pengujian instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas menunjukkan bahwa semua pertanyaan dalam kuesioner adalah valid. Uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen kuantitas laporan dan kualitas laporan (reliabilitas) dalam penelitian ini memiliki reliabilitas yang masuk dalam kategori “baik”, sedangkan instrumen kualitas laporan (relevansi) dalam penelitian ini meiliki reliabilitas yang masuk dalam kategori “diterima.”

Hasil pengujian yang menggunakan regresi berganda berhasil mendukung hipotesis pertama yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara karakteristik informasi akuntansi dan keberhasilan usaha.

Dari analisis data menggunakan independent sample t-test diperoleh hasil bahwa tidak terdapat perbedaan karakteristik informasi akuntansi antara hotel-hotel berbintang di Surakarta dan Yogyakarta. Selain itu, hotel-hotel berbintang di Surakarta mempunyai karakteristik informasi akuntansi yang lebih baik dibandingkan dengan hotel-hotel berbintang di Yogyakarta.

Kata kunci: informasi akuntansi, karakteristik kualitatif, karakteristik kuantitatif, relevansi, reliabilitas, Net Profit Margin, hotel

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra Yasmin Umar Assegaf, Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis