Penulis Utama : Esnawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Perbandingan penyelesaian perselisihan perburuhan pada panitia penyelesaian perselisihan perburuhan (P4) menurut undang-undang nomor 22 tahun 1957 tentang penyelesaian perselisihan perburuhan dengan penyelesaian perselisihan hubungan industrial pada penga
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2006
Kolasi : xiv, 95 hal.: ilus., lamp.
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM.E0002124
Subyek : BURUH DAN MASALAHNYA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penyelesaian perselisihan hubungan industrial pada Panitia Penyelesaian Perselisihan Perburuhan (P4) menurut UU No. 22 Tahun 1957 tentang Penyelesaian Perselisihan Perburuhan dan penyelesaian perselisihan hubungan industrial pada Pengadilan Hubungan Industrial menurut UU No. 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial melalui aspek jenis perselisihan, mekanisme penyelesaian perselisihan, sifat putusan, serta kekurangan dan kelebihannya.

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan apabila dilihat dari tujuannya termasuk penelitian hukum normatif atau penelitian doktrinal. Lokasi penelitian di perpustakaan dengan melakukan studi kepustakaan. Jenis data yang dipergunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu teknik Penelitian Kepustakaan. Analisis data menggunakan analisis kualitatif.

Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa penyelesaian perselisihan hubungan industrial pada Pengadilan Hubungan Industrial menurut UU No. 2 Tahun 2004 lebih mengakomodasi dan mengikuti perkembangan jaman dibandingkan dengan penyelesaian perselisihan pada Panitia Penyelesaian Perselisihan Perburuhan (P4) menurut UU No. 22 Tahun 1957, dari jenis perselisihannya lebih luas ruang lingkupnya yaitu dengan ditambahkannya Perselisihan PHK dan Perselisihan Antarserikat Pekerja/Serikat Buruh dalam Satu Perusahaan. Mekanisme penyelesaian perselisihannya menganut asas cepat, tepat, adil, dan murah, serta sifat putusannya yang memberikan kepastian hukum. UU No. 2 Tahun 2004 mencoba menjawab segala kekurangan dan kelebihan yang terdapat dalam UU No. 22 Tahun 1957, namun, undang-undang ini pun memiliki kekurangan-kekurangan dan perlu dilakukan amandemen.

Implikasi teoritis penelitian ini adalah memberikan sumbangan pemikiran bagi pengembangan ilmu hukum khususnya Hukum Administrasi Negara khususnya penyelesaian hubungan industrial, sedangkan implikasi praktisnya adalah hasil penelitian ini dapat memberi masukan dan tambahan pengetahuan bagi para pihak yang terkait dan untuk penelitian lebih lanjut.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Pius Tri Wahyudi, S.H.,M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum