Penulis Utama : Ika Kurniawati Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Analisis pengaruh ekuitas merek air minum berkarbonasi merek fanta terhadap keputusan pembelian (survei pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : xiii, 76 hal.: ilus., lamp.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1204253
Subyek : AIR MINUM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ekuitas merek air minum berkarbonasi merek Fanta yang terdiri dari brand awareness, brand association, perceived quality dan brand loyalty mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian secara individu dan bersama-sama dan untuk mengetahui variabel manakah yang paling dominan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.

Berdasarkan tujuan diatas penulis merumuskan beberapa permasalahan yaitu apakah brand awareness, brand association, perceived quality dan brand loyalty mempengaruhi keputusan pembelian air minum berkarbonasi merek Fanta baik secara parsial maupun bersama-sama dan untuk mengetahui variabel manakah yang paling dominan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian air minum berkarbonasi merek Fanta. Hipotesis yang diajukan dari perumusan masalah tersebut adalah diduga terdapat pengaruh variabel-variabel ekuitas merek (brand awareness, brand association, perceived quality dan brand loyalty terhadap keputusan pembelian air minum berkarbonasi merek Fanta baik secara parsial maupun bersama-sama dan brand awareness diduga merupakan variabel paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian.

Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dimana data diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada responden. Populasi dalam obyek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sedangkan sampel dalam obyek penelitian ini adalah sebanyak 100 orang responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Convenience Sampling (dimana sampel yang diambil adalah siapa saja yang kebetulan ditemui dan dipandang sesuai dengan sumber data). Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji validitas dan realibilitas serta menggunakan analisis kuantitatif melalui analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (R2).

Melalui uji validitas diperoleh hasil bahwa semua item pertanyaan mempunyai r hitung > r tabel (0,195) sehingga semua item pertanyaan dinyatakan valid. Dari uji reliabilitas diperoleh hasil bahwa semua item pertanyaan menunjukkan nilai Alpha > 0,6 sehingga dapat disimpulkan bahwa semua item pertanyaan dinyatakan reliabel. Dari analisis kuantitatif melalui analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y= -2,862 + 0,216X1 + 0,146X2 + 0,165X3 + 0,365X4. berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa besarnya thitung untuk variabel brand awareness sebesar 2,583, brand association sebesar 2,256, perceived quality sebesar 2,172 dan brand loyalty sebesar 5,992 lebih besar dari t tabel 1,96 maka diputuskan Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel brand awareness, brand association, perceived quality dan brand loyalty terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji F diperoleh hasil bahwa besarnya Fhitung 42,129 lebih besar dari F tabel 2,53 maka diputuskan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel brand awareness, brand association, perceived quality dan brand loyalty secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan dari hasil uji t diatas didapat bahwa brand loyalty mempunyai nilai t hitung yang paling besar diantara variabel lainnya yaitu sebesar 5,992, hal ini berarti bahwa brand loyalty merupakan variabel yang paling dominan mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian air minum berkarbonasi merek Fanta. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) diperoleh hasil adjusted R square sebesar 0,624 yang berarti bahwa 62,4% variasi perubahan variabel atau proporsi keputusan pembelian air minum berkarbonasi merek Fanta benar-benar dijelaskan aleh brand awareness, brand association, perceived quality dan brand loyalty sedangkan sisanya yaitu sebesar 37,6% diterangkan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Berdasarkan analisis diatas maka dapat diberikan beberapa saran antara lain pihak produsen Fanta harus memakai slogan atau jingle yang lebih menarik, melakukan periklanan yang berulang di berbagai media untuk meningkatkan pengingatan konsumen akan produk Fanta. Produsen Fanta harus selalu menciptakan ciri khas yang unik pada setiap produknya dan menciptakan logo merek yang mudah diingat dan dikaitkan dengan persepsi konsumen terhadap produk Fanta, selain itu juga harus mempunyai komitmen terhadap kualitas serta memelihara kualitas secara terus-menerus agar tidak terjadi kesenjangan antara persepsi konsumen terhadap kualitas produk dan juga lebih gencar melakukan kegiatan promosi serta kegiatan pemasaran lainnya yang lebih intensif untuk meningkatkan dan menjaga loyalitas merek (brand loyalty) sehingga diharapkan konsumen dapat menggunakan produk Fanta secara berulang-ulang.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Purwanto, MBA
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis