Penulis Utama : Sri Wahyuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Strategi pemasaran pada industri tembaga dan kuningan Muda Tama di Tumang Cepogo Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3201104-2004
Subyek : PEMASARAN, MANAJEMEN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian adalah : untuk mengetahui peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan yang dihadapi oleh industri kerajinan tembaga dan kuningan “MUDA TAMA”, untuk mengetahui strategi pemasaran kerajinan tembaga dan kuningan “MUDA TAMA”, untuk mendapatkan alternatif strategi yang tepat bagi para pengrajin tembaga dan kuningan.

Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di industri kerajianan temnbaga dan kuningan “Muda Tama”. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Teknik analisis data secara kualitatif dengan SWOT.

Kesimpulan dari penelitian disebutkan strategi yang digunakan oleh industri tembaga dan kuningan “MUDA TAMA” adalah : strategi produk yang dilakukan adalah membuat produk yang beragam jenisnya dan meningkatkan kualitas produk. Strategi harga yang dilakukan adalah dengan memberikan diskon dalam pembelian tertentu. Strategi promosi yang dilakukan antara lain dengan mengikuti pameran, memasang papan nama dan memberikan kartu nama. Strategi distribusi yang dilaksanakan adalah dengan menggunakan perantara yaitu pedagang besar. Kekuatan (Strengths) yang dimiliki adalah desa Tumang terkenal dengan kerajinan tembaga dan kuningan dan dukungan dari Dinas Perindustrian kab Boyolali. Kelemahan (Weaknesses) yang dimiliki adalah keterbatasan modal untuk mengembangkan usaha dan manajemen pemasaran yang kurang optimal dan struktur organisasi yang belum mantap. Peluang (Opportunies) yang dimiliki adalah adanya pengembangan periwisata SSB ( Solo, Selo dan Borobudur ) dan keberadaan bandara internasional Adi Sumarmo di Boyolali. Ancaman (Treaths) yang dihadapi adalah pesaing, stabilitas politik yang kurang kondusif, adanya inflasi dan adanya peraturan perdagangan internasional. Alternatif strategi baru yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan strategi baru industri kerajinan tembaga dan kuningan “MUDA TAMA” di Tumang meliputi strategi SO (Strenghts and Opportunies) yaitu menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Strategi WO (Weaknesses and Opportunies) yaitu menciptakan strategi yang meminimalkan kelemahan untuk memanfaatkan peluang. Strategi ST (Strenghts and Treaths) yaitu menciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk mengatasi ancaman. Strategi WT (Weaknesses and Treaths) yaitu menciptakan strategi yang meminimalkan kelemahan untuk menghindari ancaman.

Dari kesimpulan hasil penelitian penulis dapat memberikan saran ebagai berikut : 1)hendaknya produk yang dibuat harus selalu mengikuti selera konsumen dan perkembangan jaman, 2) diharapkan pengrajin dapat mempertahankan harga tanpa meninggalkan kualitas mutunya, dan jika bisa harga dapat diturunkan sehingga terjangkau kalangan ekonomi menengah ke bawah, 3) pengrajin dapat meningkatkan kegiatan promosi melalui pengadaan website yang memuat produk-produk yang dihasilkan dan daftar harga serta cara pengirimanya dan juga pembuatan brosur. 4) perlu adanya kerjasama antara pengrajin untuk mendirikan koperasi agar mempermudah dalam memasarkan produk. 5) Sebaiknya perusahaan berusaha mencari buyer dari luar negeri.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Yeni Fajariyanti, SE,Msi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis