Penulis Utama : Anita Kusuma Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Hubungan perubahan desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen ( studi kasus pada Yamaha Solo Motor Cab. Ngawi )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : xii, 73 hal.: ilus.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1204209
Subyek : DESAIN PRODUKSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Persaingan bisnis otomotif saat ini semakin ketat, karenanya yang terpenting adalah bagaimana menciptakan nilai atas produk yang ditawarkan untuk konsumen. Hal itu mendorong para pengusaha untuk menghasilkan produk dalam jumlah besar dan jenis yang lebih bervariasi serta kualitas yang memadai. Berkembangnya industri dewasa ini menyebabkan makin kompetitifnya persaingan dalam dunia industri dimana perusahaan berlomba-lomba untuk menarik konsumen sebanyak mungkin. Para pelaku bisnis di industri terus berupaya agar apa yang mereka hasilkan dan mereka tawarkan, diinginkan dan diterima oleh konsumen, yang kemudian akan dibeli dalam tingkat pembelian yang maksimum dengan frekuensi pembelian yang tinggi.

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara perubahan desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui hubungan perubahan desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Adapun manfaat yang dipeorleh adalah 1) ) Bagi mahasiswa, untuk memahami penerapan desain produk dan hubungannya terhadap keputusan pembelian konsumen. 2) Bagi perusahaan (YAMAHA), sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas khususnya desain produk. 3) Pihak lain (pembaca), untuk menambah pengetahuan pembaca tentang desain dan penerapannya.

Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua macam yaitu variabel Desain produk yang terdiri dari Headlight, Front Mask, Shape Brake Lamp, Disc Brake, Body Stripping, Monoshock dan variabel keputusan pembelian. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah: (1) Diduga terdapat hubungan signifikan antara perubahan desain produk yang berupa Headlight terhadap keputusan pembelian konsumen. (2) Diduga terdapat hubungan signifikan antara perubahan desain produk yang berupa Front Mask terhadap keputusan pembelian konsumen. (3) Diduga terdapat hubungan signifikan antara perubahan desain produk yang berupa Shape Brake Lamp terhadap keputusan pembelian konsumen. (4) Diduga terdapat hubungan signifikan antara perubahan desain produk yang berupa Disk Brake terhadap keputusan pembelian konsumen. (5) Diduga terdapat hubungan signifikan antara perubahan desain produk yang berupa Body Stripping terhadap keputusan pembelian konsumen. (6) Diduga terdapat hubungan signifikan antara perubahan desain produk yang berupa Monoshock terhadap keputusan pembelian konsumen

Analisis kuantitatif yang digunakan untuk menguji keenam hipotesis tersebut menggunakan analisis Uji Chi-Square tujuan menggunakan uji adalah untuk mengetahui hubungan antara perubahan desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Analisis koefisien kontigensi (contigency coefficient) fungsinya adalah suatu ukuran kadar asosiasi atau relasi antara dua himpunan atribut. Digunakan untuk mengukur derajat hubungan yang signifikan antara variabel perubahan desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen.

Berdasarkan alat analisis chi- square, dicapai hasil-hasil sebagai berikut:

1. Berdasarkan analisis chi- square hipotesis pertama yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perubahan desain produk yang berupa Headlight terhadap keputusan pembelian konsumen adalah hitung 18,726 > tabel 5,99. terbukti.

2. Berdasarkan analisis chi- square hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perubahan desain produk yang berupa Front Mask terhadap keputusan pembelian konsumen adalah hitung 24,782 > tabel 5,99. Sehingga terbukti.

3. Berdasarkan analisis chi- square hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perubahan desain produk yang berupa Shape Brake Lamp terhadap keputusan pembelian konsumen adalah hitung 21,071 > tabel 5,99. Sehingga terbukti.

4. Berdasarkan analisis chi- square hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perubahan desain produk yang berupa Disc Brake terhadap keputusan pembelian konsumen adalah hitung 15,941 > tabel 5,99. Sehingga terbukti.

5. Berdasarkan analisis chi- square hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perubahan desain produk yang berupa Body Stripping terhadap keputusan pembelian konsumen adalah hitung 18,155 > tabel 5,99. Sehingga terbukti.

6. Berdasarkan analisis chi- square hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perubahan desain produk yang berupa Monoshock terhadap keputusan pembelian konsumen adalah hitung 32,189 > tabel 5,99. Sehingga terbukti.

Berdasarkan analisis koefisien kontigensi (contigency coefficient) diketahui bahwa variabel yang mempunyai hubungan paling kuat adalah Disc Brake dengan keputusan pembelian. Ditunjukkan dengan selisih antara C maks dengan C terkecil sebesar 0,446 ( nilai C 0,370 ).

Sehinggga semua perubahan desain produk yang dilakukan Yamaha merupakan faktor yang penting untuk mempertahankan konsumen. Saran untuk Yamaha yaitu terus-menerus melakukan perubahan sesuai dengan zaman dan mengikuti teknologi baru
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Yong Dirgiatmo M.Sc Drs. Yong Dirgiatmo M.Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis