Penulis Utama : Nikmatun Hidayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh perilaku kepemimpinan transaksional dan transformasional terhadap kinerja dengan kepercayaan terhadap pemimpin sebagai variabel pemoderasi ( studi pada perawat rumah sakit islam surakarta )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2005
Kolasi : xi, 68 hal.: ilus., tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1204271
Subyek : KEPEMIMPINAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini membahas tentang pengaruh perilaku kepemimpinan transaksional dan transformasional terhadap kinerja perawat, dengan kepercayaan terhadap pemimpin sebagai variabel pemoderasi. Sehubungan dengan masalah yang hendak diteliti tersebut, diajukan hipotesis sebagai berikut : (1) Kepemimpinan transaksional berpengaruh terhadap kinerja perawat RSIS (2) Kepemimpinan transformasional berpengaruh terhadap kinerja perawat RSIS (3) Kepercayaan terhadap pemimpin memperkuat pengaruh perilaku kepemimpinan transformasional terhadap kinerja perawat RSIS. (4) Perilaku kepemimpinan transformasional berpengaruh dominan terhadap kinerja perawat RSIS.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga perawat RSIS. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Dari 174 perawat, dengan menggunakan rumus Slovin didapatkan sampel sebesar 64 perawat. Alat pengumpul data yang utama adalah kuesioner.

Data yang telah terkumpul diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya, untuk mengetahui seberapa cermat & konsisten alat ukur yang digunakan.

Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis uji hipotesis. Pada analisis uji hipotesis pertama dan kedua digunakan analisis regresi sederhana, yaitu digunakan untuk mengetahui pengaruh perilaku kepemimpinan transaksional dan transformasional terhadap kinerja. Uji hipotesis ketiga digunakan analisis regresi Hierarchical, yaitu untuk mengetahui efek variabel pemoderasi ketika sebelum dan sesudah dimasukkan ke dalam model.

Dari hasil analisis data, terlihat bahwa kepemimpinan transaksional berpengaruh terhadap kinerja. Begitu juga dengan kepemimpinan transformasional juga terbukti berpengaruh terhadap kinerja, hal ini terlihat dari konstanta positif pada variabel kepemimpinan transaksional dan transformasional. Kepercayaan terhadap pemimpin tidak terbukti memperkuat pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja, hal ini dibuktikan dengan adanya nilai thitung negatif yaitu sebesar – 0,516 dengan tingkat signifikansi 0,608 (lebih dari 0,05), selain itu ada penurunan nilai Adjusted R Square sebesar 0,007 setelah variabel kepercayaan dimasukkan ke dalam model. Kepemimpinan transformasional berpengaruh paling dominan terhadap kinerja, ini terlihat dari koefisien beta dari variabel kepemimpinan transaksional sebesar 0,644 sedangkan koefisien beta variabel kepemimpinan transformasional lebih besar yaitu sebesar 0,656. Sedangkan nilai t hitung dari kepemimpinan transaksional sebesar 6,621 dan nilai t hitung kepemimpinan tranformasional lebih besar yaitu sebesar 6,852 dengan tingkat signifikansi 0,000

Kesimpulan yang diperoleh adalah perilaku kepemimpinan transaksional yang dimiliki kepala perawat adalah sebesar 56,25% dan kepemimpinan transfomasional sebesar 84,75%. Perilaku kepemimpinan transaksional dan transformasional berpengaruh terhadap kinerja. Kepercayaan terhadap pemimpin tidak terbukti memperkuat pengaruh perilaku kepemimpinan transformasional terhadap kinerja. Perilaku kepemimpinan transformasional berpengaruh paling dominan terhadap kinerja. Saran yang dianjurkan adalah agar kepala perawat menerapkan kepemimpinan transformasional, meskipun kepemimpinan transaksional juga diperlukan. Tetapi kepemimpinan transformasional terbukti lebih dominan berpengaruh terhadap kinerja. Dan untuk penelitian selanjutnya bisa menambahkan variabel lain.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra.Hunik Sri Runing, S., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis