Penulis Utama : Linda Prasepti Ipkoni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Analisis pengaruh kompensasi dan kondisi kerja terhadap kinerja karyawan dengan motivasi sebagai variabel pemoderasi (studi pada karyawan bagian produksi PT. Karga Bayu Persada Sukoharjo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : xvi, 105 hal.: ilus., lamp., tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1204260
Subyek : KINERJA KARYAWAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang hendak dicari dalam penelitian ini adalah: (1) apakah ada pengaruh yang signifikan antara kompensasi (upah, insentif, tunjangan) dan kondisi kerja terhadap kinerja karyawan secara bersama, (2) apakah ada pengaruh yang signifikan antara kompensasi (upah, insentif, tunjangan) dan kondisi kerja terhadap kinerja karyawan secara parsial, (3) apakah pengaruh kompensasi dan kondisi kerja terhadap kinerja karyawan dimoderasi oleh motivasi. Sehubungan dengan masalah tersebut diajukan hipotesis: terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kompensasi (upah, insentif, tunjangan) dan kondisi kerja terhadap kinerja karyawan secara bersama (hipotesis 1), terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kompensasi (upah, insentif, tunjangan) dan kondisi kerja terhadap kinerja karyawan secara parsial (hipotesis 2), motivasi karyawan memoderasi pengaruh kompensasi dan kondisi kerja dengan kinerja karyawan (hipotesis 3).

Sejalan dengan masalah dan hipotesis tersebut maka penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda dan Hierarchical Regression. Penelitian ini mengambil tempat di PT. Karga Bayu Persada Sukoharjo dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang utama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian produksi PT. Karga Bayu Persada yang berjumlah 60 orang. Responden dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari seluruh karyawan bagian produksi PT. Karga Bayu Persada yang berjumlah 60 orang atau dengan jenis metode sensus. Hasil uji validitas menggunakan teknik product moment pearson dengan tingkat signifikansi 5% menunjukkan bahwa dari 40 item pertanyaan dalam kuesioner semuanya dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha menunjukkan bahwa dari 40 item pertanyaan dalam kuesioner semuanya dinyatakan reliabel.

Hasil analisis regresi didapatkan persamaan Y = 4,419 + 0,696X1 - 0,182X2. F hitung sebesar 19,949 dengan signifikansi 0,000 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompensasi (upah, insentif, tunjangan) dan kondisi kerja terhadap kinerja secara bersama.

Hierarchical Regression adalah analisis regresi yang dilakukan berkali-kali dengan komposisi variabel yang berbeda, mungkin ditambah atau dikurangi. Tujuannya adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat pengaruhnya disetiap langkah pengujian. Hasil analisis regresi bertingkat pengaruh variabel kompensasi dan kondisi kerja terhadap kinerja dengan motivasi sebagai variabel moderasi diperoleh peningkatan nilai R square dari 0,412 menjadi 0,631 (naik sebesar 0,220). Dari tabel ANOVA , motivasi meningkatkan nilai F sebesar 3,609 dari 19,949 menjadi 23,558 dengan tingkat signifikansi F change 0,000 artinya motivasi memperkuat pengaruh kompensasi dan kondisi kerja terhadap kinerja karyawan.

Berdasar hasil analisis tersebut, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : (1) kompensasi (upah, insentif, dan tunjangan) dan kondisi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kompensasi (upah, insentif, dan tunjangan) dan kondisi kerja terhadap kinerja secara parsial (3) motivasi memoderasi pengaruh kompensasi dan kondisi kerja terhadap kinerja.

Dari hasil penelitian tersebut penulis memberikan saran sebagai berikut: (1) Mengingat faktor kompensasi mempunyai pengaruh yang besar terhadap kinerja karyawan, hendaknya perusahaan harus lebih memperhatikan faktor kompensasi yaitu upah, insentif dan tunjangan agar dapat memacu semangat kerja karyawan sehingga akan meningkatkan kinerjanya, (2) Perusahaan juga harus memperhatikan kondisi kerja karena karyawan menginginkan kondisi kerja yang aman dan nyaman sehingga karyawan dapat melakukan tugasnya dengan baik. Untuk hubungan sosial perlu diciptakan hubungan yang baik sehingga dapat tercipta suasana kerja yang harmonis dan karyawan dapat bekerja dengan baik serta menghasilkan kinerja yang memuaskan, (3) Untuk penelitian berikutnya diharapkan untuk menggunakan perbandingan jenis kelamin yang seimbang supaya dapat menggeneralisasikan hasil penelitian. Untuk penelitian mendatang juga diharapkan dapat memasukkan variabel-variabel lain karena dimungkinkan akan dapat memberikan hasil yang berbeda.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Soemarjati Tj, MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis