Penulis Utama : Ahmad Arifudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Analisis pengaruh cognitive satisfaction dan emotional satisfaction terhadap loyalitas mahasiswa menempuh studi di Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : xv, 94 hal.: ilus.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0202018
Subyek : FEEDBACK AND ASSESSMENT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini membahas tentang pengaruh kepuasan kognitif/cogitive satisfaction yaitu kepuasan yang berkaitan dengan atribut yang ada pada Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta dan kepuasan emosi/emotional satisfaction terhadap loyalitas mahasiswa reguler angkatan 2005 menempuh studi di Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Variabel kepuasan kognitif terdiri dari feedback and assessment, physical environment, interaction and support, administration, learning materials, course structure and content. Sehubungan dengan masalah yang diteliti tersebut diajukan hipotesis sebagai berikut:

1. Diduga terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan kognitif/cognitive satisfaction yaitu kepuasan menyangkut atribut yang diberikan FE Universitas Sebelas Maret Surakarta yang terdiri dari feedback and assessment, physical environment, interaction and support, administration, learning materials, course structure and content dan kepuasan emosi/emotional satisfaction secara bersama-sama terhadap loyalitas mahasiswa angkatan 2005 menempuh studi di Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

2. Diduga terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan kognitif/cognitive satisfaction yaitu kepuasan menyangkut atribut yang diberikan FE Universitas Sebelas Maret Surakarta yang terdiri dari feedback and assessment, physical environment, interaction and support, administration, learning materials , course structure and content dan kepuasan emosi/emotional satisfaction secara parsial terhadap loyalitas mahasiswa angkatan 2005 menempuh studi di Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

3. Diduga variabel kepuasan emosional (emotional satisfaction) mempunyai pengaruh yang paling kuat/signifikan terhadap loyalitas mahasiswa angkatan 2005 menempuh studi di Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa reguler angkatan 2005 Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang mahasiswa yang dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Dari data yang telah diperoleh melalui kuesioner diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya untuk mengetahui seberapa cermat dan konsistennya instrumen yang digunakan.

Analisis data yang digunakan meliputi analisis diskripstif dan analisis kuantitatif. Analisis diskriptif digunakan untuk mendiskripsikan data responden dan data jawaban responden. Analisis kuantitatif digunakan untuk menguji hipotesis yaitu dengan analisis regresi berganda, uji F dan uji t.

Dari analisis data terlihat bahwa kepuasan kognitif yang terdiri dari feedback and assessment, physical environment, interaction and support, administration, learning materials, course structure and content dan kepuasan emosi/emotional satisfaction baik secara bersama-sama maupun parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas mahasiswa angkatan 2005 menempuh studi di Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta berarti hipotesis pertama dan kedua diterima. Sedangkan dari uji t yang dilakukan didapat nilai t hitung terbesar adalah pada variabel feedback and assessment sehingga dapat diartikan bahwa variabel inilah yang mempunyai pengaruh yang paling kuat terhadap loyalitas mahasiswa angkatan 2005 menempuh studi di Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta berarti hipotesis ketiga ditolak.

Berdasarkan hasil analisis diatas maka diajukan saran-saran bagi pihak Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta yaitu untuk memperhatikan variabel-variabel yang mempunyai pengaruh terhadap loyalitas mahasiswa. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan untuk menambah variabel–variabel lain yang sekiranya mempunyai pengaruh terhadap loyalitas selain variabel yang diteliti. Selain itu perlu juga untuk melakukan penelitian pada ruang lingkup yang lebih luas

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Heru Purnomo, MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis