Penulis Utama : Titin Ismiazis
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Evaluasi penentuan harga pokok produksi sebagai dasar penentuan harga pesanan pada perusahaan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3303108
Subyek : HARGA POKOK PRODUKSI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Perusahaan Deb-By Group merupakan perusahaan perseorangan yang bergerak dalam bidang konveksi dan percetakan. Dalam hal ini yang dibahas mengenai bidang konveksi. Perusahaan Den-By Group mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap dipakai. Perusahaan melakukan proses produksi apabila menerima order dari pemesan. Data yang digunakan adalah data tahun 2005 Den-By Group menerima pesanan kaos sebanyak 2000 unit. Untuk menghitung harga pokok produksi, perusahaan menggunakan metode harga pokok pesanan ( Job Order Costing ).

Dalam menggolongkan biaya produksi, perusahaan telah memasukkan unsur pokok dalam perhitungan harga pokok produksi yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Perusahaan dalam penghitungan biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung telah tepat. Namun dalam pembebanan biaya overhead pabriknya kurang tepat, sehingga harga pokok produksi per unit yang ditetapkan perusahaan rendah. Dalam biaya overhead pabrik perusahaan tidak memasukkan elemen-elemen lain seperti beban penyusutan mesin jahit (aktiva tetap), beban penyusutan gedung, biaya penyusutan peralatan sablon, biaya penyusutan mesin, biaya pemeliharaan mesin. Elemen-elemen tersebut juga berpengaruh dalam penentuan harga pokok produksinya.

Biaya overhead pabrik oleh perusahaan dihitung dengan prosentase tertentu dari biaya tenaga kerja langsung. Menurut penulis biaya overhead pabrik yang tepat dengan prosentase tertentu dari biaya bahan baku yang digunakan, karena dilihat dari elemen biaya overhead pabrik yang demikian berhubungan dengan bahan baku. Berdasarkan hasil perhitungan oleh perusahaan dan penulis harga pokok produksi menurut perusahaan Rp. 22.348.750,00 dan menurut penulis
Rp. 22.449.000,00. Harga pokok produksi per unit menurut perusahaan
Rp. 11.174,8 dan menurut penulis Rp. 11.224,5.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Evi Gantyowati, M.Si., Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis